• News

  • Gaya Hidup

Tak Perlu ke Salon, Cara Ini Pun Bisa Dilakukan untuk Dapatkan Kulit Putih Bersih

Ilustrasi kulit putih dan bersih
Indozone
Ilustrasi kulit putih dan bersih

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Mempunyai kulit putih dan bersih merupakan idaman semua orang, baik kaum perempuan maupun kaum pria.

Bagi yang mempunyai duit mereka rela merogoh kocek demi mendapatkan kulit putih dan bersih tersebut dengan melakukan perawatan di salon.

Tapi jangan khawatir bagi yang mempunyai uang pas-pasan tak perlu bersedih karena Anda pun bisa mendapatkan kulit putih dan bersih seperti yang diidam-idamkan banyak orang.

Cara alami yang dapat Anda lakukan di rumah, berikut tip untuk mendapatkannya, seperti yang dikutip dari Berbagai Sumber.

1. Menggunakan Susu

Susu mempunyai banyak manfaat, bukan hanya untuk memperkuat tulang saja, tetapi juga bisa digunakan sebagai bahan kecantikan seperti untuk perawatan wajah. Kandungan asam laktat yang tinggi dalam susu bukan hanya baik untuk menghaluskan kulit, tetapi juga membantu menghilangkan sel-sel kulit mati pada permukaan wajah.

Caranya : Oleskan susu ke wajah Anda diamkan selama 15-20 menit, kemudian bilas dengan air hangat, lakukan ini sebelum tidur, lakukan cara ini setidaknya 3 kali dalam seminggu.

2. Jeruk Nipis

Jeruk nipis diketahui memiliki kandungan vitamin C yang dapat berguna untuk mencerahkan kulit secara bertahap.

Caranya : Belah jeruk nipis menjadi dua bagian lalu oleskan pada wajah atau bagian tubuh lain yang diinginkan. Atau bisa juga dengan memeras jeruk terlebih dahulu hingga menghasilkan air perasan, barulah bisa Anda oleskan ke wajah atau anggota badan lain. Untuk awal pemakaian, mungkin akan menimbulkan sedikit perih, hal ini wajar terjadi. Jika pemakaian sudah sering dilakukan maka rasa perih tidak akan muncul lagi.

3. Bengkoang

Bengkoang memiliki kandungan vitamin B dan vitamin C yang bermanfaat untuk memutihkan kulit wajah dan kulit tubuh.

Caranya : Pertama kupas dan cuci bengkoang hingga bersih. Lalu haluskan dengan blender atau parut. Setelah halus barulah Anda bisa menggunakannya sebagai masker atau lulur. Diamkan hingga kurang lebih 20 menit, setelah itu bilaslah dengan air bersih. Lulur atau masker ini akan terasa dingin di kulit, terlebih setelah Anda beraktivitas dan terkena sengatan sinar matahari.

4. Kentang

Kentang merupakan bahan makanan yang kaya akan kandungan gizi. Dalam kentang terkandung beberapa mineral seperti sulfur, kalium dan fosfor yang baik untuk kesehatan kulit wajah

Caranya : Kupas kentang, haluskan kentang dengan diblander atau diparut, setelah halus campur dengan madu, kemudian oleskan ke wajah diamkan sampai kering atau 20 menit, setelah itu cuci dengan air hangat, setelah itu cuci lagi dengan air dingin.

5. Tomat

Buah tomat dapat membuat kulit terlihat lebih putih alami. Namun, manfaat tersebut belumlah maksimal jika tidak digunakan dengan jeruk nipis. Cara memutihkan kulit badan dengan tomat adalah dengan menghaluskan tomat, bisa menggunakan blender atau parut. Setelah itu, tambahkan 3 tetes jeruk lemon dan sedikit air putih. Aduk campuran tersebut hingga rata. Lalu oleskan pada bagian wajah atau badan yang diinginkan. Tunggu hingga mengering. Selanjutnya bilas menggunakan air dingin atau bisa sekalian mandi.

6. Lemon

Belah lemon, sebelum mengoleskan sari lemon, bersihkan wajah/ bagian kulit yang ingin dicerahkan, lalu keringkan. Oleskan sari lemon ke wajah/ kulit anda yang lain. Jika terasa perih yang menyengat, segera bilas dengan air. Mungkin terlalu keras bagi kulit anda.

7. Yogurt

Yoghurt kaya akan asam laktat dan memiliki sifat pemutih yang memperlakukan hiper-pigmentasi kulit dengan menekan produksi melanin. Asam laktat mengandung alpha hydroxy acids (AHA). AHA berfungsi untuk membersihkan dan mengangkat sel-sel kulit mati serta mencerahkan wajah. Anda bisa membeli yogurt di supermarket.

Caranya: Tuangkan yoghurt (polos ya, beli yang tanpa rasa) ke wadah. Oleskan merata diwajah anda disertai pijatan lembut. Biarkan selama 3-5 menit lalu bilas dengan air hangat. Ulangi setiap hari untuk hasil yang maksimal.

Editor : Sesmawati