• News

  • Gaya Hidup

Cegah Kanker dan Diabetes Anda dengan Mengonsumsi Daun Kenikir

Daun kenikir banyak mengandung antioksidan.
Plantaion
Daun kenikir banyak mengandung antioksidan.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM -Pernah mendengah daun kenikir? Jika Anda suka makan pecel sayur maka akan mudah ditemui di dalamnya daun tersebut. Selain itu daun kenikir juga kerap dijadikan bumbu masak lantaran menghasilkan aroma sedap.


Daun kenikir kaya akan antioksidan yang dapat membantu melindungi tubuh dari radikal bebas penyebab penyakit. Anda bisa mengonsumsi daun kenikir dengan cara mengukus, dimakan langsung sebagai lalapan, atau ditumis. 
Mengonsumsi sayur daun kenikir bisa jadi penyeimbang ketika Anda merasa sudah terlalu banyak mengonsumsi makanan kurang sehat namun terlalu lezat untuk dilewatkan.

Setidaknya konsumsi sayur daun kenikir sesekali tentu lebih baik, ketimbang tidak sama sekali. 

Nama lain dari daun kenikir adalah Cosmos caudatus dan umum digunakan di negara-negara Asia Tenggara. Orang banyak mengolahnya dengan cara-cara tradisional dan sederhana. Bahkan di negara tetangga seperti Malaysia, daun kenikir juga dijuluki Ulam Raja atau salad-nya raja karena bisa dikonsumsi setelah dicuci bersih dan dikukus. 


Ketika tubuh banyak terpapar radikal bebas dan polusi, maka memberi asupan antioksidan pada tubuh bisa jadi cara menyeimbangkannya. Manfaat daun kenikir juga terutama dikenal karena kaya akan antioksidan.


Dalam 100 gram daun kenikir, terdapat kandungan yang bermanfaat seperti, 2,9 gram protein, 0,6 gram karbohidrat, 0,4 gram lemak, 93,1 gram air, 18 kalori, 64,6 gram vitamin C, 426 mg potassium, 270 mg kalsium, 4,6 mg zat besi.

Dilansir dari berbagai sumber dan Sehatqu, berikut manfaat daun kenikir 


1. Antioksidan
Dalam 100 gram daun kenikir, terdapat 2500 mg vitamin C yang baik bagi tubuh. Sebuah riset meneliti 11 jenis sayuran dan ditemukan hasilnya ekstrak dari daun kenikir merupakan salah satu yang tertinggi kandungan antioksidannya.
Artinya, manfaat daun kenikir sangat baik dalam menangkal radikal bebas. Terlebih, unsur radikal bebas dapat menjadi sumber penyakit berbahaya seperti kanker.

2. Mencegah diabetes
Penderita diabetes tentu harus berhati-hati dan memilah makanan dengan baik. Jangan sampai apa yang dikonsumsi justru menjadi bumerang yang membuat kadar gula darah melejit. Kabar baiknya, daun kenikir adalah sayur yang dapat mencegah diabetes. 
Dalam sebuah uji laboratorium kepada tikus, terdeteksi adanya penurunan gula darah setelah diberi makan daun kenikir selama satu bulan. Kandungan ekstrak daun kenikir juga dianggap ampuh mengontrol penyakit diabetes tipe 2.

3. Mengendalikan tekanan darah
Tekanan darah tinggi bisa jadi awal munculnya penyakit-penyakit lain seperti jantung dan stroke. Manfaat daun kenikir selanjutnya sangat tepat untuk mengendalikan tekanan darah tinggi. 
Ekstrak daun kenikir terbukti dapat mencegah peningkatan frekuensi detak jantung. Bahkan dalam takaran 500 mg/kg daun kenikir, dampaknya bisa setara dengan 9 mg/kg obat pencegah darah tinggi.

4. Mengatasi peradangan
Manfaat daun kenikir selanjutnya bagi kesehatan adalah mengatasi peradangan. Ketika mengonsumsi daun kenikir, ada serotonin dan histamine yang diproduksi tubuh.
Jika dikonsumsi dalam jangka panjang, tubuh akan memproduksi prostaglandin. Ini adalah zat yang diperlukan dalam proses penyembuhan luka. Ketika ada prostaglandin, maka peradangan dapat segera pulih.


5. Melindungi tulang
Ancaman osteoporosis menghantui mereka yang sudah memasuki usia senja atau wanita menopause. Terbukti, manfaat daun kenikir dapat melindungi sekaligus memperbaiki struktur, volume, dan komposisi tulang jika dikonsumsi secara berkala.
Tak hanya itu, daun kenikir juga kaya akan mineral yang dapat meningkatkan volume osteoid dan osteoblas dalam tulang. Hal ini memicu perbaikan kondisi tulang ketika usia tidak lagi muda.


6. Antijamur dan antibakteri
Ekstrak daun kenikir juga dapat melindungi tubuh dari bakteri dan jamur. Sebuah penelitian menguji bagaimana daun kenikir dapat menangkal bakteri dan jamur seperti Bacillus subtilis, Staphylococcus aureus, Escherichia coli, Pseudomonas aeruginosa, dan jamur Candida albicans.


Mengonsumsi sayur yang tinggi antioksidan adalah langkah terbaik untuk melindungi tubuh dari radikal bebas penyebab penyakit. Tak hanya itu, kandungan komponen phonelic dalam sayuran juga menekan risiko terjadinya penyakit diabetes, jantung, dan kanker.


Itulah mengapa banyak orang yang menyarankan mengonsumsi daun kenikir untuk menurunkan tekanan darah, terutama bagi penderita hipertensi. 


Editor : Sulha Handayani