• News

  • Gaya Hidup

Jangan Salah Letakkan Kompor di Dapur, Bisa Berakibat Buruk bagi Kesehatan

Melteakkan kompor di dapur juga memiliki aturan.
Archankitchen
Melteakkan kompor di dapur juga memiliki aturan.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Dalam ilmu feng shui, ternyata meletakkan alat-lat dapur juga harus diperhatikan. Bisa jadi salah  posisi juga dapat mempengaruhi kesehatan dan keharmonisan dalam keluarga.

Feng shui merupakan ilmu topografi kuno yang berasal dari Tiongkok China. Ilmu feng shui mengajarkan mengenai keseimbangan antara manusia dengan lingkungan. Dalam membangun rumah atau bangunan khususnya, manusia harus memperhitungkan keseimbangan dengan lingkungan sekitar agar rumah yang dibangun penuh dengan hoki.

Dalam ilmu feng shui, dapur menjadi faktor paling penting nomor dua yang turut mempengaruhi hoki Anda dan keluarga. Hal ini karena dapur merupakan tempat dimana makanan Anda dan keluarga diolah. Jika feng shui dapur Anda salah, maka dapat menimbulkan feng shui yang negatif. Oleh karena itu, dapur menjadi pusat hoki untuk Anda dan keluarga.

Menurut pendapat para master feng shui sebagai ahli feng shui, membicarakan dapur berarti tidak lepas dari pembahasan kompor. Memperhatikan posisi dapur berarti juga memperhatikan posisi kompor. Kompor merupakan alat utama untuk memasak yang sering kali diasosiasikan dengan kekayaan seseorang.

Posisi kompor di dapur tidak boleh terlihat dari pintu utama depan, hal ini karena energi Qi yang masuk dapat memukul kompor dan menyebabkan terganggunya kestabilan dan hoki Anda.
 
Pintu masuk dalam feng shui merupakan pemompa yang menarik energi Qi agar masuk ke dalam rumah. Adapun jika posisi kompor sejajar dengan 2 pintu atau lebih, maka hal ini merupakan hal buruk. Energi yang tertarik masuk akan lebih besar, sehingga energi yang akan menekan kompor pasti lebih besar pula. Tentu ini akan semakin buruk untuk hoki Anda.

Seperti halnya dalam bisnis, Anda membutuhkan pendukung agar bisnis Anda sukses. Demikian pula halnya dengan kompor. Kompor di dapur Anda juga membutuhkan pendukung. Menurut para master feng shui jendela dianggap kosong.

Kompor yang berada di depan jendela dapat dianggap tidak memiliki pendukung. Hal ini dapat berakibat buruk pada bisnis Anda. Adapun keadaan ini dapat makin buruk jika di belakang kompor tidak hanya terdapat jendela tetapi juga didapati tangki air. Air dan api yang berhadapan di dalam feng shui diyakini dapat mengganggu keharmonisan keluarga.

Posisi kompor yang berseberangan langsung dengan kran air juga tidak baik untuk kesehatan Anda. Kompor dan kran adalah dua hal yang saling bertentangan. Energi yang bertentangan dapat mengganggu kesehatan Anda dan keluarga, khususnya dalam hal emosi.

Editor : Sulha Handayani