• News

  • Gaya Hidup

Banyak Mengandung Vitamin C, Ternyata Daun Melinjo Bisa Membuat Ketahanan Tubuh

Konsumsi daun melinjo dapat meningkatkan daya tahan tubuh.
Masakan
Konsumsi daun melinjo dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Daun melinjo mungkin jarang dikonsumsi masyarakat. Selain untuk tambahan sayur asem, teranyata lezat juga ditumis.

Melinjo atau nama ilmiahnya disebut Gnetum gnemon ini merupakan spesies Gnetum asli Asia tenggara. Jika Anda termasuk orang yang suka sekali mengkonsumsi sayur asem, tentu sudah tidak asing lagi dengan buah yang satu ini.

Namun, selain dijadikan sebagai bahan makanan, rupanya melinjo ini juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, tak terkecuali daunnya.

Daun melinjo sering dijadikan sebagai obat herbal yang memiliki sejumlah kandungan zat bersifat antioksidan, seperti Flavonoid, Saponin, Tanin, Vitamin C, Karbohidrat, Protein, Zat besi, Zinc, Magnesium, Potasium, dan Fosfor.

Dilansir dari berbagai sumber termasuk Featureday, inilah manfaat kesehatan dari daun melinjo.

Jika melihat kandungan zat yang begitu banyak, tentu banyak pula penyakit-penyakit yang bisa disebuhkan oleh daun melinjo. lalu, apa saja manfaat daun melinjo untuk kesehatan?

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Pada studi yang lainnya, ditemukan fakta bahwa daun melinjo (juga buahnya) efektif untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kandungan senyawa pada daun melinjo menurut hasil penelitian tersebut  dapat meningkatkan produksi komponen sistem kekebalan tubuh.

Akan tetapi, manfaat yang satu ini juga belum dikatakan kuat oleh karena studi yang telah dilakukan masih menggunakan hewan tikus sebagai objek penelitiannya. Perlu adanya studi lebih lanjut untuk menguji efektivitas daun melinjo dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusia.

Merawat Kesehatan Tulang
Daun melinjo memiliki kandungan mineral magnesium yang dipercaya mampu membantu merawat kesehatan tulang. Magnesium ini bersama-sama dengan mineral lainnya, yakni kalsium memiliki peran penting dari mulai proses pembentukan tulang hingga merawat tulang agar tetap sehat dan kuat.Menghalau

Radikal Bebas
Khasiat  daun melinjo selanjutnya adalah untuk menghalau serangan radikal bebas. Dalam uji lab yang dilakukan oleh sebuah penelitian pada tahun 2002, ekstrak melinjo termasuk pada bagian daunnya telah menunjukkan reaksi terhadap kehadiran radikal bebas. Meskipun begitu, bukti ini masih memerlukan analisis lebih lanjut.

Mengatasi Infeksi Bakteri
Selain untuk menghalau radikal bebas, daun melinjo juga dipercaya mampu mengatasi infeksi yang disebabkan oleh bakteri. Efektivitas daun melinjo dalam mengatasi infeksi bakteri ini tidak lepas dari kandungan senyawa kimia flavonoid, saponin, dan tanin. Ketiganya menurut penelitian memiliki sifat antibakteri.

Contohya, senyawa flavonoid ini memiliki mekanisme kerja menembus dinding sel bakteri untuk merusak. Selain itu, senyawa ini juga mampu mengendapkan protein dari sel bakteri tersebut. Cara kerja yang sama juga berlaku untuk senyawa lainnya, seperti tanin.

Mempercepat Penyembuhan LukaMasih berkaitan dengan kulit, mengonsumsi daun melinjo secara rutin juga disebut-sebut dapat membantu luka agar bisa sembuh lebih cepat. Khasiat daun melinjo untuk mempercepat proses penyembuhan luka ini dikarenakan adanya kandungan mineral zinc. Menurut penelitian, zinc memiliki peran penting dalam memproduksi kolagen yang mana kolagen ini merupakan jaringan yang dibutuhkan dalam proses pembentukan kulit baru.

Mengatasi Stres
Daun melinjo melalui kandungan vitamin C yang dikandungnya, ternyata bisa mengatasi rasa stres. Berdasarkan studi, vitamin C memiliki peran penting dalam membantu mengurangi stres, sebuah kondisi yang tentunya semua orang pasti pernah mengalaminya.

Stres tidak bisa dihindari, namun dengan mengonsumsi daun melinjo secara rutin, diharapkan stres yang Anda alami dapat terkontrol dengan baik dan tidak berlarut-larut hingga berkembang menjadi rasa depresi yang tentunya berbahaya.

Editor : Sulha Handayani