• News

  • Gaya Hidup

Aleima Sharuna, Dari Panggilan Hati Jadi Praktisi Self Healing

Aleima Sharuna.
Youtube
Aleima Sharuna.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Bermula dari pengalaman pribadi hingga mendapati panggilan hati buat Aleima Sharuna terjun kedunia self healing atau penyembuhan diri pada kesehatan mental.

Sejak tahun 2010, Aleima mulai mengenal self healing ketika dirinya dilanda kesedihan akibat luka 'batin' berkecamuk dalam diri. "Awal mulanya. Saat itu saya merasa dalam kondisi sangat terpuruk, tapi saya berpegangan waktu itu dengan perbaiki diri sendiri, hidup yang lebih baik pasti akan datang," kata dia dalam keterangannya, Jakarta, Minggu (31/5/2020).

Tak menunggu lama, dia langsung berguru pada salah satu pakar penyembuhan holistik Indonesia atau lebih dikenal dengan Holistic Healing Practitioner, Reza Gunawan.

Setelah mengikuti kelas Self Healing yang menggunakan metode Tapas Acupressure Technique (TAT), hati Aleima terhadap dunia penyembuhan seakan terbuka lebar. Sejak itu, rasa ingin tahunya mendorong ia untuk mengikuti berbagai kelas maupun teknik penyembuhan dan meditasi. Saat ini, selain TAT, Aleima menekuni Breathwork dan Sacred Activation (Energy Healing). 

Ia sudah mencapai tahap sertifikasi profesional untuk ketiganya. Untuk Breathwork melalui Alchemy of Breath, TAT dikeluarkan Tapas Fleming sedangkan Sacred Activation diterbitkan Tamra Oviatt.

Banyak tantangan yang harus dihadapi Aleima dalam menyelesaikan sertifikasi profesionalnya. Selain mengurus keluarga dengan satu anak, dirinya saat itu juga harus bekerja penuh waktu.

"Dari tahun 2014, sempat tertunda lama. Soalnya saat itu punya anak dan masih harus kerja dulu. Sebelum akhirnya saya menyadari panggilan hati saya dan fokus pada dunia penyembuhan emosi," ujarnya.

Seiring berjalannya waktu, Aleima menemukan pengalaman berharga dalam hidupnya. Setiap permasalahan yang dimiliki kliennya diubah menjadi kekuatan guna mengatasi masalah atau mengubah pandangan dalam setiap ganjalan diri.

"Jadi sang praktisi bukanlah dokter yang 'menyembuhkan', tetapi pemandu yang membantu sang klien menemukan kekuatan 'ke dalam diri' buat mengobati atau mengatasi masalah jiwanya sendiri, seperti stres, trauma, luka batin, emosi," tuturnya.

Apalagi, kata dia mencontohkan kalau satu kliennya seorang ibu rumah tangga yang mempunyai masalah kesehatan mental.

"Bayangin, misalnya, ada satu ibu stress dengan trauma dirinya. Efeknya apa? Bakal imbas pada keluarganya, pola anaknya di sekolah bagaimana?, suaminya di kantor seperti apa kerjanya? Itu semua kaya riak air. Setelah dia bisa melewati itu semua, otomatis yang terjadi tentu sebaliknya," kata dia.

Menurut Aleima secara spiritual hidupnya lebih bermakna. Sebab dirinya tak hanya membantu kliennya namun juga kehidupan di sekitarnya."jadi panggilan hati, karena pekerjaan ini tak memiliki title atau bekerja di daerah perkantoran," kata dia.

Sekarang ini, Aleima aktif menjadi praktisi pada studio Jeda Wellnest dan Rumah Remedi. Dia pun aktif pada kelas online dan aktif pada media sosial Instagram.

 

Reporter : PD Djuarno
Editor : Irawan.H.P