• News

  • Gaya Hidup

Bukan Hanya Mencegah Kanker, Anggur Hitam juga Bisa Mengobati Glaukoma

Anggur hitam mampu mencegah terjadinya glaukoma.
The Sun
Anggur hitam mampu mencegah terjadinya glaukoma.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM – Mengonsumsi buah anggur hijau atau merah bisa jadi sudah sering Anda lakukan, Namun, bagaimana dengan olahan buah anggur hitam yang dijadikan minuman?

Semua jenis anggur memiliki kandungan antiosikdan yang tinggi. Karena itu disarankan sebelum tidur, ada baiknya Anda mengonsumsi minuman segelas anggur hitam atau merah, dan biasakan mengonsumi buah anggur hitam segar.

Banyak penelitian tentang manfaat buah anggur diarahkan untuk mengkaji dan mengolah kulit serta biji anggur menjadi ekstrak resveratrol, yang bisa berguna di bidang kesehatan.Buah anggur memiliki beragam jenis dan warna, yaitu merah, hitam, ungu, dan biru. Ada juga anggur hijau, merah muda dan kuning. Namun anggur merah dan anggur biru (anggur concord) memiliki kandungan flavonoid dan resveratrol paling tinggi.

Dalam satu cangkir atau 151 gram buah anggur hitam, merah atau hijau, terkandung nutrisi sebagai berikut, Kalori: 104, Karbohidrat: 27,3 gram, Protein: 1,1 gram, Lemak: 0,2 gram, Serat: 1,4 gram.

Dari satu cangkir buah anggur tersebut, kita dapat memenuhi 28% kebutuhan harian vitamin K, yang berperan penting dalam pembekuan darah dan kesehatan tulang. Sedangkan kebutuhan harian vitamin C juga bisa dipenuhi sebanyak 25% oleh secangkir buah anggur.

Berkat berbagai kandungan nutrisi tersebut, buah anggur mampu memberikan banyak sekali manfaat bagi kesehatan kita.
Dilansir dari laman sehatq dan sehat jantungku, inilah manfaat buah anggur hitam;

Mencegah kanker
Buah anggur mengandung antioksidan kuat yang disebut polifenol. Salah satu jenisnya adalah resveratrol.Penelitian di laboratorium mengindikasikan bahwa resveratrol kemungkinan bisa mencegah atau setidaknya memperlambat pertumbuhan tumor pada hati, perut, payudara, usus besar dan kulit.Resveratrol juga terkandung dalam produk olahan buah anggur, yaitu minuman anggur merah (red wine).

Namun masih dibutuhkan penelitian yang lebih luas terhadap manfaat red wine ini. Apa alasannya?Sejumlah riset yang mengkaji hubungan antara konsumsi red wine dan risiko kanker pada manusia, justru telah membuktikan bahwa konsumsi alkohol secara terus-menerus justru meningkatkan risiko kanker. Jadi, manfaat buah anggur ini masih menjadi perdebatan.

Zat antioksidan dan antiperadangan lain yang banyak terdapat dalam buah anggur adalah flavonoid quersetin. Berdasarkan beberapa riset, kandungan ini diindikasikan bisa memperlambat pertumbuhan kanker.

Menjaga kesehatan jantung
Polifenol dan resveratrol dalam anggur dipercaya memiliki kekuatan antioksidan, efek menurunkan kadar lemak darah, dan antiperadangan. Manfaat buah anggur inilah yang diyakini bisa membantu dalam menurunkan risiko penyakit kardiovaskular.

Efek kesehatan jantung didapat berkat polifenol yang bekerja untuk mencegah penumpukan keping darah, menurunkan tekanan darah, dan mengurangi risiko terjadinya detak jantung tak teratur. Buah anggur juga mengandung serat dan potasium. Keduanya punya efek positif dalam menjaga kesehatan jantung.Meningkatkan asupan potasium sambil mengurangi konsumsi garam, bisa menurunkan tekanan darah tinggi sehingga mengurangi risiko sakit jantung serta stroke. Tak hanya itu, asupan potasium yang tinggi juga mampu mencegah hilangnya massa otot serta membantu menjaga kepadatan mineral tulang.
 
Mencegah neuropati diabetik dan retinopati diabetik
Neuropati diabetes dan retinopati diabetes adalah komplikasi yang bisa terjadi bila penyakit diabetes tidak terkendali. Misalnya, kadar gula darah yang terus-menerus tinggi dan tidak ditangani dengan benar.Neuropati diabetik merupakan komplikasi diabetes yang berkaitan dengan fungsi saraf. Sedangkan retinopati diabetik adalah penyakit yang memengaruhi kemampuan penglihatan.Beberapa penelitian ilmiah mengindikasikan adanya potensi resveratrol dalam anggur untuk mencegah terjadinya neuropati diabetik dan retinopati diabetik. Namun masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk menguji manfaat buah anggur ini pada manusia.
 
Menjaga kesehatan mata
Manfaat buah anggur dalam menjaga kesehatan mata berasal dari kandungan antioksidannya, yaitu lutein dan zeaxanthin. Kedua jenis antioksidan ini diyakini bisa menetralisir molekul radikal bebas yang merusak sel-sel pada mata

Dengan demikian, asupan lutein dan zeaxanthin dari buah anggur berpotensi mencegah kerusakan retina mata serta terbentuknya katarak. Penelitian-penelitian lain juga mengindikasikan bahwa antioksidan dari buah anggur juga melindungi mata dari degenerasi makula akibat usia lanjut dan mencegah glaukoma.

Editor : Sulha Handayani