• News

  • Gaya Hidup

Mampu Menurunkan Risiko Kanker, Ini Manfaat Kacang Mete yang Luput dari Perhatian

Kacang mete dapat menurunkan risiko kanker.
alodokter
Kacang mete dapat menurunkan risiko kanker.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Anda termasuk penggemar kacang mete dan takut untuk mengonsumsinya karena khawatir akan terkena asam urat.

Siapa yang tak suka dengan kacang mete.Ya, kacang berukuran kecil dengan rasa gurih yang lezat ini memang sangat menggoda. Harga kacang mete olahan yang cenderung mahal tak menyurutkan minat untuk menikmatinya. Apalagi ternyata saat ini mulai banyak orang mengetahui manfaat kacang mete yang sangat banyak untuk kesehatan.

Namun sebenarnya kacang mete banyak memberikan manfaat kesehatan yang sering luput dari pehatian masyarakat.
Aslinya pohon jambu mete ini berasal dari hutan Amazon lalu menyebar ketika dibawa oleh penjelajah Portugis. Saat ini tanaman ini banyak dibudidayakan secara komersil di negara-negara Afrika seperti Brasil, dan juga di Asia seperti Vietnam dan India.

Ketika pengolahan, bagian luar dari kacang mete yang kerasakan dipanggang guna menghancurkan resin urushiol. Setelah itu isinya kemudian diekstrak atau bisa dimakan. Nah, setelah diolah inilah kemudian nampak tekstur kacang mete yang layaknya mentega dengan aroma yang manis dan gurih.

Dilansir dari berbagai sumber, inilah delapan manfaaat kacang mete yang sering terlupakan.

1. Menambah Kepadatan Tulang
Jika Anda hendak mencari makanan yang mengandung zat tembaga, kacang mete adalah salah satunya. Bahkan, kandungan zat tembaga dalam kacang mete tergolong tinggi, yakni 622 mikrogram per 100 ons. Sebagai informasi, angka kebutuhan zat tembaga harian yang disarankan adalah 900 mikrogram. Artinya apa? Mengonsumsi satu ons kacang mete saja mampu memenuhi lebih dari setengah kebutuhan zat tembaga harian Anda.

Zat tembaga berfungsi untuk memperbaiki kolagen dan jaringan ikat yang mengalami kerusakan. Dengan begitu, Anda terlindungi dari yang namanya disfungsi sendi. Selain itu, asupan zat tembaga yang cukup juga dipercaya mampu meningkatkan kepadatan tulang dan mencegah terjadinya osteoporosis.

Kacang mete juga diperkaya magnesium yang memiliki peran penting dalam pembentukan tulang. Magnesium bertugas menyerap kalsium ke dalam tulang sehingga tulang menjadi kuat.

2. Melindungi Fungsi Mata
Berbicara mengenai makanan yang baik untuk mata, wortel mungkin jadi hal pertama yang terlintas di pikiran. Memang tak salah, sih. Tapi tahukah Anda bahwa kacang mete juga memiliki manfaat yang sama untuk mata? Manfaat kacang mete untuk mata ini karena adanya kandungan senyawa seperti zeaxanthin dan lutein. Keduanya efektif untuk melindungi mata dari risiko gangguan mata, termasuk katarak.

3. Menurunkan Berat Badan
Kabar baik untuk Anda yang kini tengah menjalani program diet. Ada lagi satu jenis makanan yang dipercaya bisa membantu menurunkan berat badan. Ya, apalagi kalau bukan kacang mete. Studi yang dipublikasikan oleh American Journal of Clinical Nutrition pada 2004 silam mengungkapkan bahwasanya mengonsumsi kacang-kacangan, tak terkecuali kacang mete, efektif menjaga kestabilan berat badan.

Hal ini diperkuat oleh studi pada tahun 2017 yang mengatakan kalau kandungan lemak tak jenuh tunggal di dalam kacang mete mampu mencegah penumpukkan lemak. Selain itu, kandungan proteinnya menimbulkan efek kenyang yang lebih lama.

4. Mengoptimalkan Fungsi Darah
Kacang mete mengandung zat besi dan zat tembaga (copper). Ini menjadikan kacang mete bermanfaat untuk mengoptimalkan fungsi darah. Selain itu, khasiat kacang mete yang satu ini juga akan meningkatkan kinerja sistem kekebalan tubuh dan saraf.

5. Merawat Kesehatan Jantung
Siapa sangka, manfaat kacang mete yang secara ukuran kecil ini bisa jadi sangat besar karena mampu merawat kesehatan jantung! Ya, kacang mete mengandung asam lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda. Dua zat tersebut dinilai efektif menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida darah.

Kadar LDL dan trigliserida yang rendah mampu menurunkan risiko penyakit kardiovaskuler semacam stroke dan jantung. Tak hanya itu, kandungan vitamin E, vitamin B6, kalium, dan asam folat juga disebut-sebut bermanfaat untuk melawan penyakit jantung.
Dari hasil studi yang dipublikasikan oleh British Journal of Nutrition, didapat fakta bahwa orang yang mengonsumsi kacang mete dan kacang-kacang lainnya sebanyak 4 kali atau lebih dalam seminggu, risiko terkena penyakit jantung koroner turun 37 persen. Bagaimana, khasiat kacang mete yang satu ini tak disangka-sangka, bukan?

6. Sumber Energi
Ternyata, kandungan karbohidrat dan zat besi pada kacang mete lebih tinggi dibandingkan dengan kacang lainnya. Ini membuat kacang mete menjadi salah satu sumber energi yang patut Anda konsumsi agar stamina tubuh selalu terjaga.

Selain zat besi dan karbohidrat, kacang mete juga mengandung protein dan zinc yang memiliki peran penting dalam pertumbuhan dan perbaikan sel tubuh.

7. Mencegah Masalah Kantong Empedu
Kantong empedu yang bermasalah perlu diangkut melalui prosedur operasi kolesistektomi. Seseorang, terutama wanita, yang setidaknya mengonsumsi 5 ons kacang mete setiap minggu diketahui memiliki risiko menjalani operasi kolsesitektomi yang lebih kecil ketimbang mereka yang tidak, demikian menurut hasil penelitian yang dipublikasikan oleh American Journal of Clinical Nutrition.

8. Mengurangi Risiko Kanker
Kanker adalah salah satu jenis penyakit kronis yang bisa mengancam jiwa. Guna mencegah diri Anda terkena kanker, banyak cara yang bisa dilakukan. Mengonsumsi kacang mete adalah salah satunya. Manfaat kacang mete untuk mengurangi risiko kanker dikarenakan kacang ini mengandung selenium dan flavanol yang memang baik untuk mencegah pertumbuhan sel kanker.

Editor : Sulha Handayani