• News

  • Gaya Hidup

Terpapar COVID-19, Desainer Jepang Kenzo Tutup Usia

Terpapar COVID-19, desainer Jepang Kenzo tutup usia.
Fashionable
Terpapar COVID-19, desainer Jepang Kenzo tutup usia.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Pendiri merek fesyen populer Jepang Kenzo meninggal dunia pada usia 81 tahun, akibat komplikasi yang terkait dengan virus corona.

Penghormatan telah mengalir dari seluruh dunia untuk Kenzo Takada yang meninggal di Rumah Sakit Amerika di Paris

Dikenal karena grafisnya yang cerah, cetakan yang terinspirasi dari hutan, dan penggunaan warna yang eklektik, dia adalah desainer Jepang pertama yang menonjol di kancah mode Paris.

Dia menetap di Prancis pada 1960-an dan menghabiskan sisa karirnya di sana. Dengan "hampir 8.000 desain" -nya, perancang Jepang "tidak pernah berhenti merayakan mode dan seni hidup," kata juru bicaranya, dilansir BBC, Senin, (5/10/2020).

Walikota Paris Anne Hidalgo memberikan penghormatan yang ditulis pada Twitternya, "Desainer dengan bakat luar biasa, dia telah memberi warna dan cahaya pada tempat mereka dalam mode. Paris sekarang berduka atas salah satu putranya."

"Saya adalah penggemar merek tersebut pada tahun 1970-an ketika dia memulainya. Saya pikir dia adalah seorang desainer yang hebat," situs berita mode WWD.com mengutip Sidney Toledano, CEO dari konglomerat mewah LVMH yang memiliki merek Kenzo.

Kelahiran kembali desain Jepang
Banyak pengguna Twitter Jepang memposting belasungkawa mereka di platform, beberapa di antaranya berbagi bahwa produk mewah pertama mereka adalah dari Kenzo.

"Dompet pertama yang pernah saya miliki berasal dari Kenzo," kata seorang pengguna Twitter. "Meskipun itu hal kecil - aku akan selalu mengingatnya. Beristirahatlah dengan damai."

Legenda

Lahir pada tahun 1939 di Himeji, Kenzo Takada tiba di Prancis pada tahun 1965 dengan perahu dan menetap di Paris.

Dia mendirikan merek yang dikenal secara internasional dengan nama depannya di tahun 1970-an. Dia meluncurkan lini pakaian pria pada tahun 1983, dan kemudian pada tahun 1980-an lini pakaian olahraga yang lebih kasual Kenzo Jeans dan Kenzo Jungle.

Dia menjual merek pakaiannya kepada konglomerat mewah LVMH pada 1993 dan pensiun dari mode enam tahun kemudian.

Editor : Sulha Handayani