• News

  • Gaya Hidup

Tip Keramas yang Benar

Illustarsi. Keramaslah dengan cara yang benar
Illustarsi. Keramaslah dengan cara yang benar

Rambut adalah mahkota bagi manusia terutama untuk perempuan, untuk itu rambut perlu dirawat dengan baik, bagi mereka yang lebih banyak beraktivitas di luar ruangan rambut akan cepat kotor , berminyak dan lepek.

Apalagi bagi kita yang tinggal di daerah tropis panas dan keringat akan cepat  membuat rambut kita kotor, berminyak  dan lepek
Kita tidak akan nyaman dengan rambut yang berminyak dan lepek, hal ini juga akan mengurangi penampilan kita. 

Supaya kembali terasa segar dan bersih menjadi alasan kita untuk memilih mencuci rambut  dan mencuci rambut adalah salah satu cara untuk menjaga kebersihan rambut dan kulit kepala

Ada beberapa hal yang harus dilakukan sebelum dan sesudah keramas agar rambut tidak rusak. Berikut tips dan cara keramas yang benar.

1.    Sisir rambut

Sebelum kita keramas atau mencuci rambut sebaiknya rambut disisir terlebih dahulu, tujuannya supaya rambut tidak kusut dan terurai lepas

2.    Gunakan air hangat dan air dingin

Air Hangat
Basahi rambut dari akar hingga ujung, hingga benar-benar basah, anda dapat menggunakan air hangat  dan air dingin. Bagi anda yang bermasalah dengan rambut berminyak.

Air hangat baik sekali digunakan  karena dapat membuka pori-pori di kulit kepala, sehingga membersihkan sisa-sisa kotoran pada kulit kepala. Tapi jangan keseringan, karena dapat membuat rambut jadi kering dan mudah patah.

Air Dingin
Sebaliknya, air dingin mampu menutup pori-pori kulit kepala sehingga mencegah masuknya kotoran. Plus, menutup kutikula rambut dan menyerap kelembaban dari kondisioner yang Anda gunakan.

Rambut pun semakin halus dan tidak mudah kusut. Tapi untuk Anda yang memiliki rambut tipis atau banyak beraktivitas di daerah kering, air dingin dapat membuat rambut lepek dan tidak mengembang.

3.    Gunakan Shampo yang sesuai dengan jenis rambut Anda

Tuang sampo ke tangan, lalu  oleskan pada akar rambut dan gosok halus , tidak disarankan meletakkan sampo langsung di atas rambut.

4.     Ratakan busa dengan gerakan lurus ke helai rambut menggunakan ruas-ruas jari,jangan menggosok terlalu keras atau kencang karena dapat menyebabkan kerusakan rambut  sambil kulit kepala dipijat dengan tekanan sedang, karena pijatan bisa meningkatkan aliran darah kepala dan merangsang pertumbuhan rambut

5.    Setelah rambut penuh dengan busa, biarkan hingga 2 sampai 3 menit, baru kemudian dibilas sampai bersih menggunakan air  dingin.

6.    Aplikasikan Kondisioner
Peras rambut agar kondisioner bisa terserap dengan baik. Kondisioner ini sangat berguna untuk melembutkan dan melembabkan setiap helai rambut

7.    Bilas rambut dengan air dingin
Bilas rambut dengan menggunakan air dingin, pastikan tidak ada conditioner yang tertinggal pada rambut Anda.

8.    Keringkan rambut
Keringkan rambut dengan secara alami denagn di angin-anginkan dapat menggunakan kipas angin. Jika menggunakan hair dryer maka gunakan dalam suhu yang tidak terlalu panas.

Penulis : Sesmawati
Editor : Marcel Rombe Baan
Sumber : Berbagai Sumber