• News

  • Healthy Life

Awet Muda dengan Air Hangat dan Dingin

Ilustrasi mencuci wajah.(dok,lifeandhealthblog)
Ilustrasi mencuci wajah.(dok,lifeandhealthblog)

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Awet muda sebenarnya simpel saja. Tak selalu dengan treatment pengencangan kulit yang harganya selangit. Tetapi jika Anda rutin mencuci wajah setiap hari, dibilas dengan air hangat untuk membuka pori-pori dan kemudian dibilas kembali dengan air dingin untuk menutup pori-pori, juga bisa membuat wajah Anda kencang dan awet muda. 

Tak percaya? Coba saja Anda rutin mencuci wajah setiap pagi dan malam hari, lalu bilas dengan air hangat untuk membuka pori-pori wajah sehingga kotoran dan sisa-sisa make up yang terperangkap dalam pori-pori bisa keluar. 

Sesudah menggunakan air hangat, bilas kembali dengan air dingin atau air es sehingga pori-pori yang sebelumnya terbuka menutup kembali. Alhasil, kulit menjadi kencang, pori-pori mengecil, kulit halus dan segar.

Mencuci wajah memang menjadi salah satu cara untuk mencegah timbulnya penuaan dini pada wajah. Pasalnya, setiap hari bagian kulit wajah merupakan daerah yang paling sering terkena debu dan kotoran, terutama jika banyak aktivitas di luar ruangan dan terpapar sinar matahari secara langsung. 

Jika tidak dibersihkan, akan terjadi penumpukan kotoran dan sisa-sisa make up, sehingga kulit berjerawat, berkomedo, kusam dan kering. 

Ketika mencuci wajah, tidak hanya membilas memakai air biasa. Menurut dr. Ratna Komalasari, SpKK, dokter spesialis kulit dan kelamin, cara mencuci wajah memang dengan menggunakan air hangat yang fungsinya untuk membuka pori-pori wajah dan membantu mengeluarkan kotoran dari dalam wajah ketika sedang membersihkan wajah. 

Dengan cara ini kotoran yang menempel dan menyumbat pori-pori akan keluar tanpa harus memencet an menyakiti kulit. 

Kemudian gunakan sabun pencuci khusus wajah, seperti facial foam ataupun cleansing milk dan toner yang sesuai jenis kulit. Sesudah penggunaan produk-produk tersebut sembari wajah dipijat lembut untuk melonggarkan otot-otot pada wajah sehingga wajah lebih relaks. 

Baru kemudian dibilas kembali dengan air dingin untuk menutup pori-pori sehingga kotoran tidak masuk lagi sehingga pori-pori terlihat mengecil. 

Air dingin memberikan sensasi dingin yang membuat wajah relaks dan segar. 

Manfaat lain dari air dingin adalah memperbaiki kondisi wajah yang berjerawat dan mengurangi peradangan. Jerawat adalah bagian dari kulit yang meradang akibat infeksi dari bakteri. 

Air dingin perlu digunakan karena pada kulit wajah dilindungi oleh minyak alami atau sebum. Jika terkena air hangat sebum ini akan menjadi kering sehingga kulit sensitif, pori-pori besar serta tertutup debu dan kotoran. 

Jika diberikan air dingin, penampilan kulit juga menjadi lebih baik, kulit lebih bersinar, kenyal, elastis, halus dan sehat. 

Air dingin juga membantu melembabkan kulit wajah lebih lama. Tidak seperti air hangat yang suhunya tidak sama dengan lingkungan sehingga kulit menjadi kering. Karena itu, jika suka membilas wajah dengan air hangat, sebaiknya bilas kembali dengan air dingin agar kulit tetap lembab. 

Cuci muka seperti ini sebaiknya dilakukan setiap hari, minimal dua kali sehari yaitu pada pagi hari dan malam hari sebelum tidur.

Selain itu, imbangi juga dengan masker bahan alami yang bersifat mendinginkan seperti mentimun, bengkuang, lidah buaya, buah manggis dan biji anggur agar hasilnya maksimal. 

Sebaiknya ritual membersihkan wajah harian diimbangi dengan penggunaan bahan-bahan alami yang bersifat mendinginkan dan mengandung banyak air seperti mentimun, bengkuang, lidah buaya, ekstrak buah manggis dan biji anggur. 

Bahan-bahan alami tersebut dikenal mengandung banyak air dan bersifat mendinginkan sehingga dapat menangkal radikal bebas dan mencegah penuaan dini. 

 

Reporter : Christophorus Aji Saputro
Editor : Tommy Satria Ismaya Cahya

Apa Reaksi Anda?