• News

  • Healthy Life

Wajib Baca! Hal-hal Tak Terduga yang Sebabkan Kolesterol Tinggi

Ilustrasi seseorang yang malas melakukan aktivitas
dok.Itsgoa
Ilustrasi seseorang yang malas melakukan aktivitas

JAKARTA, NNC - Tak hanya dari kebiasaan dan pola konsumi makanan yang tak sehat. Usut punya usut, melonjaknya kadar kolesterol di dalam tubuh juga bisa disebabkan oleh hal-hal yang tidak terduga!

"Masalah kolesterol mungkin merupakan masalah tersembunyi. Mungkin tidak hadir dengan beberapa tanda dan gejala yang mencolok," kata ginekolog Seksual dan direktur eksekutif Pusat Kesehatan Seksual dan Pengobatan Survivor Bagian Selatan California, Michael Krychman.

Lantas, hal-hal terduga apa saja yang dinilai sebagai pengundang datangnya kolesterol tinggi? Berikut ulasannya seperti dikutip dari laman Bustle:

1. Konsumsi Obat-obatan

Mengonsumsi obat-obatan tertentu dapat membuat Anda berisiko terkena kolesterol tinggi. Hal itu dilaporkan dalam WebMD. Adapun obat-obatan tertentu yang dimaksud adalah estrogen dan beta-blocker.

2. Memiliki Penyakit Ginjal Kronis

Masih menurut WebMD, jika Anda merupakan penderita penyakit ginjal kronis atau kelenjar Tiroid, Anda berpeluang lebih besar terkena kolesterol tinggi. So, alangkah baiknya jagalah ginjal Anda dengan sebaik-baiknya.

3. Malas beraktivitas

Malas bergerak dan beraktivitas meningkatkan risiko kolesterol tinggi. Jika Anda duduk sepanjang hari di tempat kerja cobalah bangun dan berjalan-jalan keliling kantor kapanpun Anda punya waktu beberapa menit.

4. Faktor Keturunan

Beberapa penyakit bisa dikarenakan adanya faktor keturunan, begitu pula dengan kolesterol tinggi. Jika riwayat keluarga Anda menunjukkan bahwa Anda mungkin memiliki kecenderungan kolestrol yang tinggi, Anda mungkin memiliki kecenderungan genetik yang sama. 

5. Merokok

Dokter Sherry A. Ross, pakar kesehatan wanita dan penulis buku Panduan Definitif untuk Kesehatan Intim Wanita, mengatakan bahwa merokok dapat meningkatkan risiko kolesterol tinggi secara serius. 

 

Reporter : Christophorus Aji Saputro
Editor : Tommy Satria Ismaya Cahya