• News

  • Healthy Life

Sumbatan Saluran Sperma Sebabkan Pasutri Sulit Punya Anak

Ilustrasi pasangan
healthy
Ilustrasi pasangan

JAKARTA, NNC - Saat ini banyak pasangan menikah namun belum juga dikaruniai keturunan. Jangan dulu menyalahkan istri yang kurang subur, bisa jadi kesalahan juga pada Anda sebagai suami. Penyumbatan saluran sperma bisa jadi penyebab, istri Anda belum juga mengandung. Apa ciri-ciri penyumbatan saluran sperma ini?

dr. Anita Gunawan, MS SpAnd mengatakan bahwa masalah mendapatkan keturunan juga bisa disebabkan karena ada ketidakberesan dalam organ reproduksi suami maupun istri. 

Jika sudah demikian, meskipun suami istri aktif melakukan hubungan intim secara rutin tanpa kontrasepsi. Menurut dr. Anita, ketika hal itu terjadi, suami dan istri harus diperiksa untuk mengetahui masalah di organ reproduksi. 

Jangan dulu menyalahkan istri jika setahun menikah belum juga diberi keturunan. Bisa saja sperma yang Anda keluarkan tidak mengandung spermatozoa yang juga dikenal dengan azoospermia.

Secara kasat mata, azoospermia tidak menunjukkan gejala apapun. Tidak ada yang dapat mengetahui apakah di dalam sperma ada sel sperma atau tidak. Penyebabnya juga bisa karena terjadi kerusakan pada pabrik sperma atau kantung testis, atau juga adanya penyumbatan saluran keluarnya sperma. 

Pada kasus penyumbatan saluran sperma menurut dr. Anita bisa disebabkan inveksi akibat sering melakukan hubungan seksual secara bebas. 

Sementara dr. Hermawan L, M.Kes, SpAnd mengatakan bahwa pada kasus penyumbatan saluran sperma atau buntu juga bisa disebabkan oleh tuberculosis TBC dan semua jenis inveksi. 

Untuk itu jika pabriknya rusak maka akan sulit untuk diperbaiki, tapi jika hanya karena sumbatan bisa dengan operasi, namun kemungkinan berhasilnya sangat kecil dan harus ditangani serius oleh dokter ahli urologi. 

Lebih lanjut dr. Anita mengatakan, selama proses penyembuhan inveksi bisa terjadi saluran sperma mengkerut dan menjadi kecil sehingga mengalami penyumbatan. 

Jika sudah begini satu-satunya cara penyembuhan adalah dengan melakukan operasi karena obat minum saja tidak mampu untuk membuka sumbatan pada saluran sperma serta kemungkinan berhasil sangat kecil. Ia pun menyarankan melakukan program bayi tabung. 

Nah, karena perlu biaya cukup mahal untuk melakukan penyembuhan saluran sperma mulai dari obat, operasi hingga bayi tabung hanya untuk mendapatkan momongan disarankan pria dewasa juga menjaga kesehatan alat reproduksinya sehingga tidak terjadi penyumbatan dan testis dapat menghasilkan sperma yang dapat membuahi sel telur dengan sempurna. 

Maka dari itu lakukan gaya hidup sehat dengan mengonsumsi asupan gizi yang baik, cukup istirahat dan olahraga teratur, hindari rokok dan minum-minuman alkohol serta obat-obatan.

Reporter : Christophorus Aji Saputro
Editor : Tommy Satria Ismaya Cahya