• News

  • Healthy Life

Waspada! Kelebihan Kolesterol Tidak Menimbulkan Gejala, Tapi...

Kelebihan kolesterol tidak menimbulkan gejala, tetapi gejala akan timbul setelah terjadi penyempitan pembuluh darah.
dr Michael Murray
Kelebihan kolesterol tidak menimbulkan gejala, tetapi gejala akan timbul setelah terjadi penyempitan pembuluh darah.

JAKARTA, NNC - Kelebihan kolesterol tidak menimbulkan gejala, tetapi gejala akan timbul setelah terjadi penyempitan pembuluh darah terutama pada pembuluh darah jantung yaitu berupa nyeri di dada sebelah kiri.

Beberapa faktor penyebab seseorang dapat terkena penyakit kolesterol antara lain adalah diet lemak tinggi, overweight (kegemukan), perokok berat, stres dan alkohol.

dr Nany Leksokumoro, MS, SpGK mengatakan bahwa gaya hidup yang tidak sehat seperti sering mengonsumsi makanan instant dan junk food, dapat menyebabkan seseorang terkena penyakit kolesterol.

Apabila mengonsumsi makanan yang mengandung lemak secara berlebihan dapat mengakibatkan tubuh mengalami kerusakan pembuluh darah. Oleh karena itu, asupan lemak sangat penting untuk diperhatikan sesuai dengan kebutuhan, lemak harus dipenuhi, namun tidak berlebihan.

Lebih jauh dr. Nanny mengatakan untuk memerhatikan kandungan lemak jenuh (saturated fat) dalam setiap makanan yang akan kita konsumsi. Banyaknya asupan makanan tinggi lemak jenuh, yang kemudian diproses oleh tubuh, sehingga produksi lemak jenuh pun semakin menumpuk.

Untuk diketahui, kolesterol adalah senyawa lemak kompleks, yang 80 persennya dihasilkan dari dalam tubuh (organ hati) dan 20 persen sisanya dari luar tubuh (zat makanan).

Kolesterol mempunyai bermacam-macam fungsi di dalam tubuh, salah satu fungsi utama yaitu dalam pembentukan dinding sel. Seperti yang telah diketahui, lemak merupakan salah satu zat penting yang dibutuhkan oleh tubuh, selain protein, vitamin, mineral dan karbohidrat.

Kadar kolesterol normal yang diperlukan dalam tubuh yakni berkisar 160–200 mg/dl dan 80 persen telah diproduksi oleh tubuh. Untuk mengelengkapinya Anda harus mengonsumsi makanan yang mengandung kolesterol dengan jumlah yang cukup untuk memenuhi kebutuhan per hari.

Namun kolesterol yang terkandung dalam zat makanan yang Anda konsumsi juga dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah. Karena itu, jumlah asupan makanan harus seimbang dengan kebutuhan dari tubuh itu sendiri, tubuh pun akan tetap sehat.

Kolesterol di dalam tubuh tidak larut dalam cairan darah, untuk itu agar dapat disalurkan ke seluruh tubuh kolesterol perlu dikemas bersama protein agar menjadi partikel yang disebut dengan Lipoprotein.

Reporter : Christophorus Aji Saputro
Editor : Lince Eppang