• News

  • Healthy Life

Pertimbangan Khusus ketika Berniat Suntik Vitamin C untuk Kecantikan

Suntik Vitamin C menjadi pilihan wanita modern untuk menampilkan kecerahan warna kulit dalam waktu yang relatif singkat.
Life Site News
Suntik Vitamin C menjadi pilihan wanita modern untuk menampilkan kecerahan warna kulit dalam waktu yang relatif singkat.

JAKARTA, NNC - Tak dapat dimungkiri jika suntik Vitamin C menjadi pilihan wanita modern untuk menampilkan kecerahan warna kulit dalam waktu yang relatif singkat. Meski begitu, sebelum melakukan metode kecantikan singkat yang satu ini, ada pertimbangan-pertimbangan khusus yang mesti diperhatikan. Apa saja?

Bila Anda berniat untuk melakukan suntik Vitamin C, sebaiknya mempertimbangkan dulu beberapa hal yang mungkin dapat timbul saat melakukan suntik Vitamin C. Dr Susie Rendra Sp. KK menyebutkan bahwa seseorang yang memiliki gangguan fungsi ginjal dan sistem metabolisme, tidak dianjurkan mendapatkan suntik Vitamin C.

Pasalnya, Vitamin C yang diberikan secara intravena atau langsung ke pembuluh darah bersifat kental di dalam darah. Selain itu fungsi ginjal dan hati sangat berpengaruh pada penyerapan Vitamin C.
 
Ditambahkan Herbalis, Edwina Rahmayanti, melalui suntik Vitamin C tubuh dapat memperoleh dosis tinggi langsung ke dalam darah. Namun, keberadaan Vitamin C dosis tinggi dalam tubuh dapat mengganggu penyerapan zat nutrisi lainnya.

Seperti selenium yang merupakan salah satu unsur mineral penting untuk tubuh, dan copper yang merupakan enzim penting untuk penyerapan zat besi sehingga tubuh pun perlu mendapatkan tambahan suplemen zat-zat nutrisi tersebut untuk mengatasinya.

Untuk menyeimbangkan Vitamin C dosis tinggi di dalam tubuh, kata Rahmayanti, seseorang dianjurkan untuk banyak meminum air putih. Hal yang tidak kalah pentingnya adalah melakukan check ginjal setiap tiga bulan sekali.

Lebih lanjut dikatakan Rahmayanti, dampak buruk suntik Vitamin C terhadap ginjal dapat diperkecil atau bahkan dihilangkan dengan mengonsumsi ramuan dari temulawak, kunyit, pegagan serta akar alang-alang.

Temulawak telah lama dikenal berkhasiat dalam penyembuhan berbagai penyakit seperti gangguan fungsi hati (lever), menurunkan kadar kolesterol hati, gangguan menstruasi, sakit pinggang, kencing batu, hipertensi, membersihkan darah, serta sebagai obat anti inflamasi atau anti radang.

Sedangkan kunyit yaitu curcumin memiliki khasiat untuk mendetoks dan merevitalisasi lever, menurunkan resiko kanker dan tumor, meremajakan sel-sel dalam tubuh, menjaga kesehatan kulit, mengobati tifus, usus buntu, melindungi tubuh dari serangan leukemia, diabetes melitus, serta meningkatkan imunitas tubuh.

Pegagan mengandung glikosida asiatikosida yang berkhasiat untuk membersihkan darah, meningkatkan sirkulasi darah, meningkatkan fungsi mental melalui efek penenang, serta memperbaiki jaringan empedu.

Sementara akar alang-alang mengandung asam kersik, damar serta alkali yang berfungsi diuretik membersihkan ginjal, obat untuk infeksi ginjal, batu empedu, mimisan, radang paru-paru, jantung koroner, gangguan pencernaan, serta penyakit syaraf.

Reporter : Christophorus Aji Saputro
Editor : Lince Eppang