• News

  • Healthy Life

Lima Bahan Alami Ini Mampu Atasi Penyakit Maag

Salah satu manfaat dari virgin cocnut oil (vco) jika dikonsumsi secara rutin dapat mengatasi gangguan asam lambung.
Inet Article
Salah satu manfaat dari virgin cocnut oil (vco) jika dikonsumsi secara rutin dapat mengatasi gangguan asam lambung.

JAKARTA, NNC - Penyakit dispepsia (maag) adalah penyakit yang cukup sering mengincar kaum millennials, biasanya penderita penyakit dispepsia menggunakan obat-obatan kimia untuk mengatasi penyakit ini secara kilat.

Dispepsia merupakan istilah yang sering digunakan oleh tenaga medis untuk menyebut suatu gangguan pada perut atas yang penyebabnya belum dapat dipastikan, atau gejalanya tidak spesifik mengarah ke suatu diagnosis medis tertentu.

Umumnya, kasus penyakit ini disebabkan oleh radang pada lambung (Gastritis) dan Gastroesophageal Reflux Disease (GERD).

Faktor risiko penyakit ini yakni pola makan yang tidak baik, sering terlambat makan, banyak mengonsumsi makanan pedas, kebiasaan makan dalam porsi yang besar dan infeksi bakteri atau parasit.
 
Selain itu juga disebabkan pengunaan obat analgetik dan steroid di usia lanjut, konsumsi minuman beralkohol berlebih, stress.

Ternyata, gejala dispepsis sangat bergantung pada penyebab utamanya. Lengkapnya, jika penyakit ini disebabkan oleh gastritis, maka pasien biasanya akan mengeluhkan rasa nyeri dan panas seperti terbakar  pada perut bagian atas.

Namun, jika dispepsis disebabkan oleh GERD, maka pasien umumnya akan mengeluhkan rasa panas dan terbakar di belakang tulang dada atau ulu hati. Selain dapat menjalar ke leher, sensasi tadi juga biasanya diserta dengan muntah dan timbulnya rasa asam di mulut.

Untuk mengatasi gangguan perut ini, terutama saat puasa, praktisi pengobatan herbal, dr Prapti Utami, MSi, menjelaskan ada bahan-bahan alami yang dapat ditemukan di sekeliling kita untuk membantu mengatasi gangguan perut itu.

"Terlalu sering mengosumsi obat-obatan kimia dapat berbahaya bagi tubuh kita. Karena itu bahan herbal untuk mencegah penyakit dispepsia," ujarnya, kepada NNC, Sabtu (5/5/2018).

Berikut tanaman herbal yang dapat membantu mencegah gangguan perut:

1. Kunir Putih

Penyakit maag muncul karena pola makan tidak teratur, makan makanan yang memicu asam lambung, dan pikiran berat. Konsumsi air rebusan atau kapsul kunir putih mampu mengurangi resiko buruk yang ditimbulkan akibat dispepsia/maag.

2. Temulawak

Temulawak dapat sebagai antivirus untuk penderita hepatitis, meningkatkan daya tahan tubuh menguatkan lambung dan hati, menguatkan pandangan, dan antiperadangan.

3. Umbi Garut

Pati garut sangat bagus untuk dikonsumsi penderita maag, karena garut mengandung Asetosal Antiinflamasi merupakan suatu zat atau obat yang di gunakan untuk menghambat terjadinya inflamasi.

4. Madu

Khasiat dan manfaat madu bagi kesehatan sudah tidak diragukan lagi mengingat madu telah terbukti secara klinis mampu mengobati berbagai penyakit salah satunya adalah penyakit maag.

5. VCO

Salah satu manfaat dari virgin cocnut oil (vco) jika dikonsumsi secara rutin dapat mengatasi gangguan asam lambung. Gangguan asam lambung ini adalah penyakit maag yang biasanya menyerang para penderita akibat pola makan yang tidak teratur.

Editor : Lince Eppang