• News

  • Healthy Life

Studi: Minum Empat Cangkir Kopi Bantu Melindungi Jantung Anda

Ilustrasi kopi
dok.Istimewa
Ilustrasi kopi

JERMAN, NNC -- Sebuah penelitian baru menemukan bahwa kafein, pada tingkat yang setara dengan empat cangkir kopi standar, bisa melindungi jantung dengan bantuan mitokondria. Penelitian ini dilakukan oleh Fakultas Kedokteran, Heinrich-Heine-University dan Institut Penelitian IUF-Leibniz untuk Kedokteran Lingkungan di Duesseldorf, Jerman.

Penelitian menunjukkan bahwa konsentrasi kafein meningkatkan pergerakan protein pengatur ke mitokondria. Ini meningkatkan fungsi mereka dalam melindungi sel-sel kardiovaskular dari kerusakan.

Penelitian ini dibangun berdasarkan studi sebelumnya yang menunjukkan bagaimana konsentrasi tertentu dari kafein, digambarkan sebagai "fisiologis relevan" dapat meningkatkan kapasitas fungsional sel endotel. Dengan "secara fisiologis relevan", ini mengacu pada tingkat yang setara dengan empat atau lebih cangkir kopi.

Dalam laporan Digital Journal, sel-sel endotel melapisi bagian dalam pembuluh darah dan mereka memainkan berbagai peran penting dalam pengendalian fungsi vaskular.

Efek penting juga terkait dengan mitokondria, ini adalah bagian sel yang mengubah gula, lemak dan protein yang kita makan, menjadi bentuk energi kimia yang dapat digunakan tubuh untuk terus hidup. Mitokondria sering digambarkan sebagai 'pusat kekuatan' sel.

Penelitian baru, seperti yang dilaporkan Forbes, menunjukkan bahwa protein yang disebut p27, dan penghambat siklus sel, hadir dalam mitokondria pada tipe sel utama jantung. Dalam sel-sel ini, mitokondria p27 mempromosikan migrasi sel-sel endotel dan membantu melindungi sel-sel otot jantung dari kematian sel.

Dengan kafein, pada konsentrasi yang tepat, ini menginduksi pergerakan p27 ke mitokondria, memicu rantai kejadian yang menguntungkan. Penting untuk dicatat, bagaimanapun, bahwa efek kafein ini hanya diuji pada tikus pra-diabetes, obesitas, dan pada tikus tua. Efek yang sama mungkin tidak selalu terjadi pada manusia dan studi lebih lanjut akan diperlukan.

Penelitian baru ini diterbitkan dalam jurnal Public Library of Science, "CDKN1B / p27 terlokalisasi di mitokondria dan meningkatkan proses yang bergantung pada pernapasan pada sistem kardiovaskular - Cara baru untuk kafein."

Editor : Tommy Satria Ismaya Cahya