• News

  • Healthy Life

Apa Kebanyakan Minum Bisa Sebabkan Keracunan Air?

Ilustrasi minum air
dok.Healthline
Ilustrasi minum air

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Dokter Gizi Klinis dan Ketua Departemen Ilmu Gizi FKUI-RSCM dr Nurul Ratna Mutu Manikam, M Gizi, SpGK imbau masyarakat Indonesia untuk mencukupi kebutuhan air bagi tubuh.

Mencukupi kebutuhan air bisa dipenuhi dengan minum delapan gelas air setiap hari bagi orang dewasa. Pada anak dan lanjut usia dianjurkan minum air putih sebanyak enam gelas sehari, sedangkan pada ibu hamil dan menyusui bisa dilebihkan dari jumlah normal air minum yang dianjurkan.

Lantas, bagaimana jika kita konsumsi air lebih dari yang dianjurkan?. Apakah konsumsi air berlebih bisa sebabkan keracunan atau memberi dampak negatif?.

Mendengar pertanyaan tersebut, dr Nurul angkat bicara. Dia dengan tegas menepis pernyataan bahwa konsumsi air berlebih bisa sebabkan keracunan.

"Apabila konsumsi air lebih dari yang dianjurkan, pada orang normal tidak akan keracunan air. Tetapi hal ini tidak berlaku pada penderita gagal ginjal," tegas dr Nurul baru-baru ini di Jakarta.

Pernyataan ini disampaikan dr Nurul karena memang ada keadaan tertentu yang membuat orang mengkonsumsi air lebih dari batas normal yang dianjurkan, misalnya saja olahragawan atau para pekerja yang bekerja di luar ruangan.

Kata Nurul, olahragawan perlu mencukupi kebutuhan air pada saat sebelum olahraga, saat olahraga, hingga selesai olahraga.

Sebelum olahraga, olahragawan perlu konsumsi 2-3 gelas air (500-600ml), empat jam sebelum berolahraga dan 1-2 gelas air (250-350ml), sekitar 10 menit sebelum berolahraga. Sedangkan saat olahraga diperlukan konsumsi air sebanyak 1 gelas air (100-250ml) setiap 15-20 menit olahraga.

Setelah olahraga, diperlukan konsumsi 3 gelas air (600-700ml), setiap terjadi penurunan 0,5kg dari sebelum latihan. Dianjurkan konsumsi air hingga berat badan kembali seperti semula.

Pada para pekerja dengan aktivitas ringan di luar ruangan, dianjurkan konsumsi 2,2 hingga 3,5 liter per hari. Ini setara dengan 8-14 gelas air sehari. Sedangkan para pekerja dengan aktivitas sedang dianjurkan konsumsi 3,6 hingga 6,3 liter per hari. Ini setara dengan 14 hingga 25 gelas per hari.

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Tommy Satria Ismaya Cahya

Apa Reaksi Anda?