• News

  • Healthy Life

Masih Mau Berlebaran Tahun Depan? Ini Resep Kuno Bisa Berumur 100 Tahun

Ilustrasi sehat dan umur panjang menurut Tio Tek Hong (foto sebelah kiri)
Netralnews/ Dok.Istimewa
Ilustrasi sehat dan umur panjang menurut Tio Tek Hong (foto sebelah kiri)

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Indahnya Lebaran, sanak saudara berkumpul saling bermaaf-maafan. Sangat disayangkan jika momen bahagia itu justru tidak bisa dinikmati gara-gara sedang digerogoti oleh penyakit.

Terkadang, penyakit tidak hanya memilih orang berusia tua. Orang muda pun memiliki ancaman yang sama (bisa berumur pendek) jika tidak memiliki pola hidup yang sehat. Bagaimana sebenarnya resep bisa umur panjang?

Ini adalah rumusannya. Disusun berdasarkan pengalaman langsung seorang Tionghoa yang berhasil hidup selama lebih dari satu abad. Namanya Tio Tek Hong. Ia lahir pada 7 Januari 1877 dan pernah menulis tentang seabad kondisi kehidupan Batavia (Jakarta) tempo dulu.

Buku itu terbit tahun 1959 dengan judul Keadaan Jakarta Tempo Doeloe: Sebuah Kenangan 1882-1959 (2007: 113-116). Salah satu yang menarik dari catatannya, ia sempat menyebutkan “resep saya untuk mencapai umur 100 tahun”.

Kiranya, resep dari orang yang berhasil meraih umur panjang jauh lebih mujarab ketimbang analisa dan rumusan ilmiah, sekalipun ditulis seorang dokter hebat namun mati muda. Untuk itu, berikut Netralnews.com rangkum isi resep tersebut secara garis besar.

Pertama, “gerak jalan ala Jepang bagus dan baik... Seantero badan kita harus digerakkan, maka perlu juga jongkok bangun.” Ini adalah resep pertama terutama terkait model olah raga yang baik.

Kedua, olahraga gerak badan mudah dan praktis dapat menggunakan sandow’s spring gripdumbell. Dengan sandow, memudahkan semua badan ikut bergerak.

Ketiga, “sebelum tidur malam baik menarik nafas lamanya delapan detik dari hidung, tahan dua detik, lantas lepas nafas dari mulut. Sesudahnya harus lagi sekali sehingga sepuluh lagi (diulang sepuluh kali, red),” tulis Tio Tek Hong.

Keempat, “berenang adalah kesukaan saya”. Saat kecil, Tio Tek Hong sering dijuluki “setan air” karena kebiasaannya mandi berenang di kali Pasar Baru tempo dulu. Olahraga renang ternyata sangat baik dan kebiasaan itu tetap dilakukan Tio Tek Hong hingga memasuki masa tuanya

Kelima, “air laut membantu tidak sedikit menetapkan kesehatan.” Tio Tek Hong rutin mandi di laut sekali dalam seminggu. Kandungan garam, panas matahari pagi, dan angin di pantai ternyata baik untuk kesehatan tubuh.

Keenam, “tidur jangan telat dan bangun pagi-pagi. Ingat pepatah ‘De morgenstond heef goud in den mond’.” Menurut Tio Tek Hong, kebiasaan bangun pagi membuat “rejeki selalu menghampiri, segala penyakit akan lari, bikin sehat kau punya diri.”

Ketujuh, “jangan begadang waktu malam dan jangan minum alkohol atau banyak hisap rokok.” Kata Tio Tek Hong, akan menjadi lebih baik lagi jika tidak menjadi perokok.

Kedelapan, “bangun pagi-pagi dan buat pergerakan badan, pergelangan perlahan, kemudian disusul lari di tempat perlahan-lahan kemudian lebih cepat selama beberapa saat.

Kesembilan, sesekali baik juga ikut kelompok olah raga. Bergaulah dengan teman-teman yang mencintai olahraga, misalnya kelompok gowes (klub bersepeda), klub gerak jalan, klub senam, dan sebagainya. Bersama mereka, semangat berolahraga akan selalu menyala.

Kesepuluh, setiap hari makan satu butir telur ayam itik atau telur ayam kampung, dan minum susu sari kedelai. Jenis makanan ini memberikan protein dan vitamin yang sangat baik bagi kesehatan.

Kesebelas, “Jika kita sudah berusia setengah abad, makanlah banyak buah-buahan, sayuran, lalap-lalapan, jangan banyak makan dading.” Sayur kangkung sangat baik karena mengandung zat besi dan bisa membuat nyenyak tidur.

Keduabelas, setelah bekerja keras selama seminggu, buat badan mengaso sehari. Sehari ini bisa diisi kegiatan yang santai, mandi di laut, jalan sehat. Pokoknya bisa membuat hati senang dan relaks.

Setelah semua dijalankan, tentu saja sebagai manusia hanya bisa menyerahkannya kepada kehendak Yang Maha Kuasa. Insyaallah, dengan pola yang sehat tersebut, Tuhan memberikan berkah umur panjang.  

Editor : Taat Ujianto

Apa Reaksi Anda?