• News

  • Healthy Life

Bagaimana Alkohol Berdampak pada Kehidupan Seks Anda?

Ilustrasi
dok.healthy
Ilustrasi

JAKARTA, NETRALNEWS.COM -- Minum alkohol dapat meningkatkan tingkat kepercayaan diri Anda, begitu tinggi sehingga ada kemungkinan Anda bisa bangun dengan menyesal di pagi hari berikutnya (atau sore hari).

Meskipun umumnya diasumsikan bahwa minum alkohol dapat meningkatkan kehidupan seks, pada kenyataannya, konsumsi jangka panjang dapat menyebabkan masalah dalam kehidupan seks Anda.

Pasalnya, mengkonsumsi alkohol akan membuat Anda menjadi depresan, mengurangi suasana hati Anda, mengurangi hasrat seksual, dan membuat sulit untuk mencapai ereksi atau mencapai orgasme.

Jika Anda memiliki kebiasaan mengonsumsi alkohol secara terus-menerus, efek sampingnya dapat bersifat jangka panjang dan dapat memengaruhi kehidupan seks Anda dengan berbagai cara.

Meskipun sejumlah kecil alkohol tidak berbahaya, minum alkohol dalam jumlah sedang hingga berat dapat memengaruhi kehidupan seks Anda secara negatif dan itu sama untuk pria dan wanita.

Berikut dampak konsumsi alkohol terhadap kehidupan seks Anda seperti dilansir dari Boldski:

1. Disfungsi ereksi

Berbagai penelitian telah dilakukan untuk memahami dampak konsumsi alkohol pada kehidupan seks. Dan telah dinyatakan bahwa terlalu banyak alkohol dapat menyebabkan disfungsi ereksi sementara dan jangka panjang. Alkohol mengurangi aliran darah ke Mr P dan mengurangi intensitas orgasme. Itu juga dikatakan menyebabkan penurunan signifikan dalam tingkat kepuasan.

Tidak hanya itu, penelitian telah menunjukkan bahwa sekitar 60 hingga 70 persen pria yang menderita masalah seksual adalah peminum berat. Selain dari disfungsi ereksi, alkohol juga dapat menyebabkan ejakulasi dini dan hilangnya hasrat seksual.

2. Penyakit menular seksual (PMS)

Salah satu efek samping utama dari konsumsi alkohol adalah penyakit menular seksual. Studi mendukung pernyataan tersebut dengan menunjukkan bahwa sekitar 50 persen dari hubungan seksual yang tidak direncanakan melibatkan alkohol dan sekitar 60 persen PMS ditularkan ketika alkohol terlibat.

3. Rendah libido

Mengkonsumsi alkohol untuk jangka waktu yang lama dapat menyebabkan gairah seks yang lebih rendah (libido). Ini karena racun dalam alkohol, serta sifat depresan minuman tersebut, mengurangi kadar testosteron seseorang.

4. Disfungsi orgasme

Konsumsi alkohol tidak hanya memengaruhi pria tetapi juga wanita. Minum berlebihan dapat mengganggu kemampuan seseorang untuk merasakan rangsangan seksual karena alkohol menghambat sinyal antara otak dan alat kelamin. Wanita dapat mengalami kesulitan untuk mencapai orgasme atau orgasme mereka mungkin terasa kurang intens.

5. Kesuburan rendah

Salah satu efek samping utama lain dari konsumsi alkohol adalah berkurangnya kesuburan. Karena konsumsi alkohol mengurangi kadar testosteron seseorang, itu mempengaruhi produksi sperma dan dengan demikian mempengaruhi kesuburan seseorang.

6. Lemah, letih dan lesu

Pria yang cenderung minum alkohol secara teratur semakin rentan mengalami droop atau kelelahan pada badan. Hilangnya minat seksual, yang bisa menjadi permanen seiring waktu. Ini juga dapat menyebabkan kehilangan memori jangka pendek dan jangka panjang juga.

Terlepas dari semua ini, mengkonsumsi alkohol dapat mencampuradukkan hambatan orang dan mengurangi keterampilan pengambilan keputusan seseorang, sering menyebabkan orang lupa mengambil tindakan pencegahan kontrasepsi yang tepat sebelum berhubungan seks serta memulai urusan yang tidak diinginkan.

Editor : Tommy Satria Ismaya Cahya