• News

  • Healthy Life

Tekanan Darah Naik atau Daya Ingat Turun, Coba Makan Buah Super Ini

Ilustrasi Blueberry
dok.slashgear
Ilustrasi Blueberry

JAKARTA, NETRALNEWS.COM -- Beberapa penelitian yang baru-baru ini dipublikasikan menyoroti berbagai manfaat kesehatan yang terkait dengan blueberry, buah kecil beri biru dan ungu ini sudah banyak tersedia di toko-toko buah.

Dilansir dari laman Slashgear, dibandingkan dengan buah-buahan populer lainnya, blueberry memiliki jumlah antioksidan tertinggi, serta phytochemical lainnya yang dapat menurunkan tekanan darah, meningkatkan daya ingat, dan menjadikan penuaan sebagai proses yang lebih sehat.

Sebanyak lima studi tentang blueberry baru-baru ini diterbitkan dalam The Journals of Gerontology, Seri A: Ilmu Biologi dan Ilmu Kedokteran. Penelitian ini meneliti berbagai kemungkinan dampak kesehatan yang terkait dengan makan buah beri, termasuk perubahan peradangan, daya ingat, dan menghindari penyakit yang berkaitan bertambahnya usia.

Menurut sebuah penelitian, makan sekitar satu cangkir blueberry setiap hari dapat menurunkan tekanan darah sistolik, yang merupakan angka teratas dalam pembacaan tekanan darah yang menunjukkan jumlah tekanan pada arteri seseorang ketika otot jantung berkontraksi.

Selain itu, mengonsumsi blueberry dalam jumlah yang banyak juga terbukti meningkatkan fungsi pembuluh darah, manfaat yang dikaitkan dengan phytochemical yang disebut anthocyanin.

Penelitian ini menemukan hubungan antara makan blueberry dan peningkatan fungsi kognitif dan memori pada orang dewasa yang lebih tua.

Satu studi mengutip polifenol yang ditemukan dalam blueberry dan anggur sebagai katalis untuk meningkatkan memori episodik pada individu lansia yang memiliki kinerja memori yang buruk, tetapi yang sebaliknya sehat.

Meskipun tampaknya terlalu bagus untuk menjadi kenyataan, manfaatnya tetap ada. Studi lain menemukan hubungan antara makan blueberry dan manfaat kesehatan lainnya, termasuk pengurangan peradangan, berpotensi membantu usia individu tanpa mengembangkan penyakit yang biasanya bermanifestasi dalam satu tahun yang lebih tua.

Penelitian sebelumnya telah menemukan manfaat kesehatan serupa yang dihubungkan dengan blueberry, yang disebut sebagai 'buah super.' Selain dijual sebagai produk segar dan beku, blueberry juga umumnya tersedia sebagai teh herbal. Sejumlah buah lainnya juga mengandung tingkat fenol dan senyawa bermanfaat lainnya yang tinggi.

Editor : Tommy Satria Ismaya Cahya