• News

  • Healthy Life

Enam Makanan Super 2019, Anti Penuaan Dini hingga Turunkan Berat Badan

Maca asli Peru
dok.medicalnews
Maca asli Peru

JAKARTA, NETRALNEWS.COM -- Telur, berry, dan kacang-kacangan adalah makanan yang begitu padat manfaatnya bagi kesehatan sehingga dikatakan dapat memperpanjang umur Anda.

Tetapi seorang dokter sekaligus konsultan kesehatan Dr Janakan Krishnarajah mengungkapkan bahwa setidaknya terdapat enam makanan super dan nutrisi yang justru kurang dikenal tapi bisa merevitalisasi tubuh Anda.

Berikut enam makanan super dan nutrisi seperti dilansir dari Daily Mail.

Nicotinamide adenine dinucleotide (NAD)

Dikenal sebagai ko-enzim, para peneliti telah menyarankan penggunaan NAD yang disinyalir bisa membuat terlihat awet muda.

"NAD bertanggung jawab untuk mengubah nutrisi menjadi energi yang merupakan kunci metabolisme, dan memainkan peran vital dalam otak," kata Dr Krishnarajah.

Dia menambahkan bahan kimia bisa dipicu dalam tubuh dengan mengambil suplemen seperti RestoriX - yang mengandung nikotinamid yang diubah menjadi NAD dalam tubuh.

Glutathione

Bahan kimia yang terjadi secara alami ini sering dikenal sebagai 'antioksidan utama'.

Dan ahli kesehatan mengatakan Glutathione adalah kontributor penting untuk proses pembersihan sel manusia, serta kekuatan sistem kekebalan tubuh kita.

"Kadar glutathione menurun dalam tubuh kita seiring bertambahnya usia, dengan kadar antioksidan yang lebih rendah terkait dengan beberapa kondisi medis yang serius," katanya.

Sintesis bahan kimia dalam tubuh manusia dibantu oleh makanan kaya sulfur seperti kembang kol, brokoli dan buncis, dan produk perawatan kulit seperti LumeniX.

Hovenia dulcis

Buah ini asli dari Asia, dan menyerupai buah bulat ketika tumbuh di pohon.

Dan Dr Krishnarajah mengatakan, konsumsi Hovenia dulcis dapat membantu mengurangi racun tertentu dalam tubuh.

"Ini bekerja dengan meningkatkan aktivitas dua enzim dalam tubuh yang membantu tubuh memecah dan memetabolisme racun alkohol jauh lebih cepat dan efisien," katanya.

Makanan bisa dimakan atau diminum dengan cara memfermentasi menjadi anggur.

Pakar nutrisi mengatakan kunyit (digambarkan dalam bentuk cair) memiliki sifat anti-inflamasi dan studi tambahan telah menunjukkan curcumin dapat membantu mengelola radang sendi dan kecemasan

Maca merah dan hitam

Tanaman obat ini begitu populer di Peru dan hanya dapat dibudidayakan pada ketinggian antara 4000 meter dan 4.500 meter.

Dr Krishnarajah mengatakan penelitian menunjukkan maca dapat meningkatkan tingkat kesuburan melalui faktor-faktor seperti peningkatan jumlah sperma, serta mengurangi stres.

"Maca paling sering dikeringkan dan diubah menjadi bubuk, yang bisa dicampur menjadi minuman," katanya.

Bubuk akar tanaman ini juga dapat dicampur menjadi makanan yang disukai

Kurkumin

Bahan kimia dapat ditemukan di salah satu bahan pokok dalam kari - kunyit.

Pakar nutrisi mengatakan senyawa itu memiliki sifat anti-inflamasi dan studi tambahan telah menunjukkan curcumin dapat membantu mengelola radang sendi dan kecemasan.

Ini dapat ditemukan dalam aditif seperti pewarna makanan, serta dalam suplemen gizi seperti FortefiX Plus - yang mencakup curcumin yang menyerap lebih mudah ke dalam darah.

"Pasar global curcumin diperkirakan akan mencapai $ 1,88 miliar pada 2024, dengan tingkat pertumbuhan tahunan gabungan 12,3 persen pada waktu itu," katanya.

Bacopa monnieri

Ramuan itu ditemukan di lahan basah hangat di Australia dan India. Dr Krishnarajah mengatakan bahwa ramuan ia memiliki fungsi yang sangat berguna untuk meningkatkan daya ingat manusia.

"Ini bisa diambil sebagai bubuk yang ditambahkan ke air panas untuk membuat minuman herbal yang menenangkan," katanya.

"Ini juga merupakan bahan aktif dalam suplemen otak seperti ConcentriX yang meningkatkan konsentrasi dan fungsi memori."

Editor : Tommy Satria Ismaya Cahya