• News

  • Healthy Life

Mau Lari Anda Secepat Kilat, Coba Latihan Ini Dulu

Ilustrasi
dok.runnerwold
Ilustrasi

JAKARTA, NETRALNEWS.COM -- Olahraga lari pastinya sudah dikenal oleh banyak orang. Namun, jika Anda benar-benar seorang pelari, maka ia bisa mengetahui waktu yang tepat untuk meningkatkan daya dorong untuk menambah kecepatan.

Tanpa latihan yang cukup, hal tersebut memang sulit untuk dilakukan. Berikut beberapa kiat latihan yang bisa Anda terapkan untuk menambah kecepatan lari Anda terutama jika mengikuti lomba lari jarak jauh-menjelang garis finish, seperti dilansir dari laman Metro.

Latihan beban

Latihan beban juga membantu pelari secara umum dengan memperbaiki postur tubuh dan mengurangi kemungkinan cedera, seperti IT band syndrome atau shin splints. Coba tambahkan satu atau dua sesi kekuatan seminggu ke dalam jadwal latihan Anda.

Latih lari sprint

Sesi sprint merupakan lari jarang pendek dengan mengambil lebih banyak serat otot dan meningkatkan tenaga saat Anda ingin tingkatkan kecepatan Anda dari jarak yang lebih jauh.

Deadlifts

Penting untuk mengerjakan rantai posterior untuk paha belakang yang kuat, punggung bagian bawah dan kekuatan di sekitar panggul. Latihan ini harus eksplosif, jadi bekerjalah pada kisaran rep yang lebih kecil dengan beban berat. 4 X 6-8 repetisi. Berdiri tegak dengan barbel, kaki selebar bahu, mengarah ke depan. Tekuk pinggul Anda, jaga agar dada Anda tetap terbuka dan bahu turun dan turunkan berat badan lurus ke bawah, jaga agar bar sedekat mungkin dengan kaki Anda.

Jeda ketika mencapai ketinggian pergelangan kaki hingga lutut, tergantung pada postur punggung bagian bawah (tidak ada pembulatan punggung), dan kembali ke posisi awal.

Pull up

Latihan ini akan melatih punggung, lengan, bahu, dan inti Anda, jadi tambahkan ini ke dalam latihan Anda. 4 X 6 repetisi, tambahkan band resistensi untuk membantu jika Anda tidak dapat menyelesaikan set lengkap.

Split squat Running

Latihan ini bekerja dengan satu kaki maju dan yang lainnya kembali, yang persis bagaimana split squat bekerja, tetapi tanpa harus melangkah ke dalam gerakan. Dengan menambahkan resistensi pada gerakan, Anda dapat melatih glute dan kaki Anda untuk membuatnya lebih kuat - membantu output daya Anda. Bisa dilakukan dengan memegang dumbel di masing-masing tangan.

Editor : Tommy Satria Ismaya Cahya