• News

  • Healthy Life

Cegah Tifus dengan Rutin Konsumsi Jeruk, Tomat, dan Brokoli

Ilustrasi seorang anak yang menderita tifus.(dok.plasmama)
Ilustrasi seorang anak yang menderita tifus.(dok.plasmama)

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Hati-hatilah dengan musim yang saat ini tak menentu. Gaya hidup yang kurang sehat dapat mengakibatkan tubuh kita mudah terserang penyakit. Salah satunya adalah penyakit tifus. Jika Anda ingin terhindar dari penyakit tipus, rajin-rajinlah konsumsi jeruk, tomat, dan sayur brokoli. Seperti apa khasiatnya?

Sayur dan buah mengandung vitamin dan mineral yang cukup baik untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu sayur dan buah mengandung serat yang bisa berfungsi sebagai prebiotik yang sangat dibutuhkan untuk kesehatan usus. 

Serat bermanfaat bagi kesehatan usus terutama manfaatnya sebagai prebiotik. Prebiotik akan difermentasi oleh probiotik (bakteri usus yang berpengaruh baik) untuk menutrisi sel usus sehingga sel usus menjadi sehat dan tidak mudah terinfeksi.

Menjaga daya tahan tubuh merupakan hal yang mutlak bagi tiap-tiap orang, karena dengan sistem imun yang bagus dalam tubuh maka seseorang tidak mudah terserang penyakit. 

Untuk menjaga daya tahan tubuh kita tetap fit maka dianjurkan untuk rajin mengonsumsi buah atau sayuran yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh seperti buah jeruk, tomat, dan brokoli.

Buah jeruk kaya akan Vitamin C. Vitamin C adalah antioksidan kuat yang dikenal untuk melawan infeksi dan membuat tubuh tetap sehat, selain itu Vitamin C juga berfungsi untuk meningkatkan produksi sel darah putih dan antibodi, yang merupakan senyawa penting untuk respon kekebalan tubuh. 

Selain jeruk, tomat pun dipercaya berkhasiat untuk meningkatkan respon kekebalan tubuh, kandungan beta karoten pada tomat berfungsi untuk meningkatkan jumlah sel pembunuh alami untuk melawan infeksi. Beta karoten yang berasal dari makanan dikonversikan oleh tubuh menjadi Vitamin A. Vitamin A inilah yang merupakan lini pertahanan pertama pada penyakit.

Tidak hanya jeruk dan tomat, sering mengonsumsi brokoli juga mampu meningkatkan daya tahan tubuh. Karena brokoli kaya akan Vitamin A, C, dan E, yang menjadikannya sebagai pembangkit tenaga antioksidan. 

Brokoli berisi glucosinolate, yang merangsang sistem kekebalan tubuh. Brokoli merupakan sayuran dengan kalori yang rendah, rendah lemak, dan bebas kandungan lemak tak jenuh. 

Sebaiknya sayur dan buah paling baik dikonsumsi langsung sebagai row food atau dimakan begitu saja tanpa ada pengolahan. Hal ini untuk mencegah kandungan gizi yang hilang, karena jika sayur dan buah dimasak terlalu lama, maka zat gizi yang ada pada sayur dan buah akan mudah hilang. Namun jika ingin dimasak atau diolah terlebih dahulu, sebaiknya diolah dengan cara ditim atau dijus saja. 

 

Reporter : Christophorus Aji Saputro
Editor : Tommy Satria Ismaya Cahya