• News

  • Healthy Life

Hati-hati, 4 Penyakit Ini Siap Menyerang Alat Kelamin!

Ilustrasi bakteri.(dok.nehandaradio)
Ilustrasi bakteri.(dok.nehandaradio)

Berita Terkait

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Penyakit bisa menyerang bagian tubuh mana saja. Namun yang harus diwaspadai adalah penyakit yang bisa menyerang alat kelamin. Selain akan menimbulkan ketidaknyamanan ketika melakukan hubungan seks, penyakit kelamin juga dapat berdampak sangat buruk bagi pengidapnya. Dan inilah beberapa jenis penyakit yang dapat menyerang alat kelamin Anda:  

1. Gonorrhea

Ini adalah penyakit menular seksual yang disebabkan oleh bakteri. Bakteri yang menyerang  adalah jenis Neisseria Gonorrhea. Bakteri ini menginfeksi lapisan dalam uretra, leher rahim, rektum, tenggorokan, dan bagian putih mata (konjungtiva). 

Penyakit ini sering dikenal dengan kencing nanah, karena memang penis akan mengeluarkan nanah berwarna putih kuning atau putih kehijauan. Gejala-gejalanya antara lain terasa sakit perih ketika buang air kecil, kadang-kadang pada waktu kencing atau sesudah kencing akan terasa nyeri beberapa saat, setelah itu tidak terasa lagi. 

Ciri kedua adalah penis akan mengeluarkan cairan putih kekuning-kuningan atau kehijau-hijaun. 

2. Sifilis atau Raja Singa

Sifilis atau Raja Singa adalah penyakit menular seksual yang sangat berbahaya. Pasalnya, bisa mengganggu otak dan fungsi organ lainnya. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri Treponema pallidum, yang penularannya terjadi lewat hubungan seksual yang tidak sehat. 

Sifilis atau Raja Singa juga dapat menginfeksi janin dalam kandungan dan janin bisa berakibat cacat bawaan. Gejala-gejalanya antara lain muncul benjolan di sekitar kelamin, kadang disertai pusing dan nyeri tulang seperti flu, dan ada bercak kemerahan pada tubuh sekitar 6-12 minggu setelah berhubungan seksual.

3. Herpes

Penyakit ini lebih dikenal dengan sebutan Herpes Genitalis. Penyebabnya adalah Virus Herpes Simplex (HSV) yang ditularkan melalui hubungan seks, baik vaginal, anal atau oral yang menimbulkan luka atau lecet pada kelamin dan mengenai langsung bagian luka/bintil/kutil. 

Gejala awal biasanya berupa gatal, kesemutan dan sakit. Lalu akan muncul bercak kemerahan yang kecil, yang diikuti oleh sekumpulan lepuhan kecil yang nyeri. Lepuhan ini pecah dan bergabung membentuk luka yang melingkar, dan akan membentuk keropeng.

4. Kutil Kelamin

Penyakit ini disebabkan oleh Human Papiloma Virus. Gejala yang ditimbulkan yakni adanya tonjolan kulit seperti kutil besar di sekitar alat kelamin. Jika didiamkan penyakit ini akan membesar seperti tumor. Bahkan bisa mengakibatkan kanker mulut rahim serta meningkatkan resiko HIV.

 

Reporter : Christophorus Aji Saputro
Editor : Tommy Satria Ismaya Cahya