• News

  • Hukum

Barang Rampasan KPK yang Dilelang Mencapai Rp16,5 Miliar

Suasana lelang KPK.
PribumiNews
Suasana lelang KPK.

JAKARTA, NNC - Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK) berhasil mengumpulkan Rp16,5 Miliar dari lelang barang rampasan yang disita dari para koruptor.

Menurut Koordinator Unit Kerja Pelacakan Aset Pengelolaan Barang Bukti dan Eksekusi KPK Irene Putrie, pihaknya tidak menentukan target berapa jumlah uang yang ingin didapat dari lelang tersebut. 

"Jadi kita hari ini berhasil lelang sekitar nilainya Rp16,5 miliar. Kita tidak memasang target berapa, harapannya barang ini makin cepat laku maka negara tidak melakukan perawatan aset," ujarnya di Gedung Penunjang KPK, Kuningan, Jakarta, Rabu kemarin.

Lanjut Irene, KPK bersyukur atas capaian acara lelang kali ini. Meski angka Rp16,5 miliar masih jauh dari nilai limit total.

"Nilai limit total dari barang ini Rp46 miliar dengan capaian 16 miliar menurut saya itu alhamdulillah. Jadi ada nilai yang sudah di-recovery," jelasnya. 

Untuk diketahui, sekitar 23 jenis barang rampasan yang dilelang kemarin. Di antaranya, kain Kiswah milik mantan Menteri Agama Suryadharma Ali terjual dengan harga Rp450 juta. 

Sedikitnya ada lima jenis barang hasil rampasan KPK dilelang kemarin, di antaranya  ponsel, mobil, rumah, dan tanah.

Salah satu dari barang sitaan yang dilelang kemarin adalah milik Saipul Jamil. Diketahui barang sitaan kasus Saipul Jamil adalah delapan buah handphone berbagai merk dan satu digital video recorder (DVR). Karena tidak ada yang mau membeli juru lelang pun menyatakan satu paket barang tersebut TAP (Tidak Ada Peminat).

 

Reporter : Dominikus Lewuk
Editor : Widita Fembrian