• News

  • Hukum

Tiga Orang Diamankan dalam OTT Suap Dana Bantuan Gempa Lombok

Ilustrasi.
Istimewa
Ilustrasi.

JAKARTA, NNC - Seorang anggota DPRD Kota Mataram dari Fraksi Partai Golkar terjaring Operasi Tangkap Tangan (OTT) yang dilakukan Tim Saber Pungli dari Kejaksaan Negeri (Kejari) Mataram.

Anggota DPRD yang terkena OTT tersebut berinisial M bersama Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadis Dikbud) Kota Mataram berinisial S serta CTH dari pihak swasta di Jalan Rajawali 1 Nomor 18 Cakranegara Mataram.

Kepala Kejaksaan Negeri Mataram, I Ketut Sumedana mengemukakan ketiga pelaku itu ditangkap terkait perkara dugaan tindak pidana pungutan liar (pungli) Alokasi Dana Bantuan Gempa Lombok untuk SD dan SMP Kota Mataram tahun anggaran 2019 yang telah dilakukan anggota DPRD dari Partai Golkar berinisial M kepada Kadis Dikbud inisial S. 

Menurutnya, dari tangan pihak swasta CTH, Tim Saber Pungli Kejari Mataram mengamankan uang tunai  Rp30 juta di dalam amplop coklat saku bagian kiri dan uang tunai Rp1,3 juta dari saku bagian kanan CTH.

"Hari ini, Jumat 14 September 2018 Tim Saber Pungli dari Kejari Mataram melakukan OTT. Tersangka M berasal dari anggota DPRD Mataram dari Fraksi Partai Golkar, S Kadis Dikbud Kota Mataram dan pihak swasta inisial CTH," tuturnya di Jakarta, Jumat (14/9/2018).

Dia menjelaskan posisi kasus tersebut terjadi pada saat tersangka M selaku anggota DPRD Fraksi Partai Golkar meminta sejumlah uang kepada Kadis Dikbud Kota Mataram untuk pembangunan kembali seluruh sekolah di wilayah Lombok yang terkena dampak dari gempa bumi berkekuatan 7,0 skala richter.

"M kemudian meminta sejumlah uang kepada S agar bantuan gempa tidak gagal pembahasannya di DPRD kemudian terjadilah Pungli di sana," katanya.

Menurutnya, Kejari Mataram telah menetapkan M sebagai tersangka dan ditahan selama 20 hari ke depan. Sementara dua pelaku lainnya yaitu S dan CTH masih berstatus sebagai saksi.

"Ketiganya masih menjalani pemeriksaan di ruang Pidana Khusus sampai saat ini," ujarnya.

Reporter : Sesmawati
Editor : Nazaruli