• News

  • Hukum

Hingga Rekapitulasi Akhir, Bawaslu Sebut BPN Tak Komplain Status Ma‘ruf

Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Abhan
dok.Istimewa
Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Abhan

JAKARTA, NETRALNEWS.COM -- Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Abhan menegaskan bahwa hingga rekapitulasi akhir, pihak Badan Pemenangan Nasional Prabowo Subianto-Sandiaga Uno tidak komplain soal status cawapres Ma'ruf Amin sebagai Dewan Pengawas Syariah.

"Sampai kemarin rekapitulasi akhir tidak ada komplain atau laporan BPN kepada Bawaslu terkait posisi Pak Ma'ruf Amin," kata Abhan di Jakarta, Rabu (12/6/2019).

Kendati demikian, Abhan memberikan jawaban jika pihaknya pernah menangani kasus serupa saat dari caleg Gerindra Mirah Sumirat yang dinyatakan KPU tidak memenuhi syarat (TMS) karena dinilai berstatus sebagai pegawai anak perusahaan BUMN.

"Memang mengacu pada kasus Sumirat, saat itu dinyatakan TMS oleh KPU, kemudian mengajukan penanganan administratif ke Bawaslu dan kami nyatakan memenuhi syarat, jadi sampai situ saja. Untuk kasus yang ini (Ma'ruf) kami belum mendapat laporan," kata dia.

Sebelumnya, BPN mempersoalkan posisi Ma'ruf Amin sebagai Dewan Pengawas Syariah di dua bank syariah yang merupakan anak perusahaan BUMN.

Editor : Tommy Satria Ismaya Cahya

Apa Reaksi Anda?