• News

  • Hukum

Serahkan Berkas ke MK, KPU-Bawaslu Kompak soal Jabatan Ma‘ruf

Cawapres KH Ma'ruf Amin
dok.Istimewa
Cawapres KH Ma'ruf Amin

Berita Terkait

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) menyambangi Mahkamah Konstitusi (MK) di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Rabu (12/6/2019), untuk memberikan berkas jawaban mengenai perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) Pilpres 2019.

Komisioner KPU, Hasyim Asy'ari mengatakan, yang diserahkan pihaknya ke MK adalah berkas jawaban terhadap berkas gugatan awal Badan Pemenangan Nasional (BPN) capres- cawapres Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

"KPU menjawab sebagaimana dokumen gugatan atau permohonan yang disampaikan kepada MK dan oleh MK disampaikan kepada KPU," kata Hasyim di Gedung MK.

Sementara soal jabatan capres 01 Ma'ruf Amin di Bank BNI Syariah dan Bank Mandiri Syariah, yang dimasukkan tim hukum BPN Prabowo-Sandi ke dalam berkas tambahan perbaikan gugatan PHPU, Hasyim menyebut, pihaknya belum menerima berkas tersebut. "Kalau yang perbaikan baru satu dua hari ini kan kami belum dapat ya," ujarnya.

Lebih lanjut, Hasyim menegaskan, KPU siap mengikuti perkembangan persidangan di MK, termasuk soal diakomodir atau tidaknya berkas tambahan perbaikan gugatan BPN Prabowo-Sandi terkait jabatan Ma'ruf di dua bank syariah tersebut.

"Nanti kita lihat dulu perkembanganya dalam persidangan, apakah akan diakomodir atau tidak. Menerima atau tidak menerima, itu MK yang akan memberikan keputusannya KPU mengikuti saja apa kata MK," jelas Hasyim.

Senada dengan KPU, Bawaslu juga mengaku belum menerima berkas perbaikan gugatan soal jabatan Ma'ruf di dua bank syariah sebagimana yang dipersoalkan BPN. Karenanya, dalam materi yang diserahkan ke MK, Bawaslu tidak menyertakan keterangan mengenai hal tersebut.

"Belum terima, belum ada. Dan itu mungkin di porsinya KPU, tapi saya kira kami kalau nanti ada yang menyangkut Bawaslu, tentu Bawaslu akan meresponnya dengan keterangan tambahan," kata Ketua Bawaslu, Abhan di Gedung MK.

Reporter : Adiel Manafe
Editor : Tommy Satria Ismaya Cahya