• News

  • Hukum

Serahkan Mandat ke Presiden, Agus Rahardjo: Kami Tidak akan Mengundurkan Diri

Ketua KPK, Agus Rahardjo
jurnas
Ketua KPK, Agus Rahardjo

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Tiga Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menyerahkan mandat pengelolaan lembaga antirasuah itu ke Presiden Joko Widodo (Jokowi) Jumat (13/9/2019).

Ketiga pimpinan tersebut, yakni Ketua KPK Agus Rahardjo, Laode Muhammad Syarif dan Saut Situmorang.

Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Agus Rahardjo mengatakan meski dirinya telah menyerahkan mandat kepada presiden tapi masih menjalankan tugas dan wewenangnya di KPK. Agus menegaskan bahwa dirinya masih menungggu arahan Presiden Jokowi.

"Ya kita menunggu saja. Enggak ada mengundurkan diri, kita tetap bekerja seperti biasa, kita menunggu arahan Presiden," ujar Agus Rahardjo, Senin (16/9/2019).

Lebih lanjut Agus menjelaskan penyerahan mandat itu muncul akibat dari rasa kecewa tiga pimpinan KPK terkait dengan Revisi Undang-Undang No. 30/2002 tentang Komisi Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

"Setelah kami pertimbangkan, maka kami pimpinan yang merupakan penanggung jawab KPK dengan berat hati, kami menyerahkan pengelolaan KPK kepada Presiden. Kami tunggu perintah," kata Agus Rahardjo, dalam konferensi pers, Jumat (13/9/2019).

Agus juga mengaku dirinya masih menunggu arahan Jokowi apakah para pimpinan KPK saat ini masih dipercaya melaksanakan tugasnya hingga akhir tahun ini, saat pimpinan KPK Jilid IV akan purna tugas.

Reporter : Sesmawati
Editor : Irawan.H.P