• News

  • Hukum

Polri Tetapkan 185 Orang Tersangka Karhutla

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo.
Istimewa
Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Polri telah menetapkan tersangka kasus kebakaran hutan dan lahan ( Karhutla) se- Indonesia.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri Brigadir Jenderal Pol Dedi Prasetyo mengungkapkan pihaknya telah menetapkan 185 orang perorangan dan empat korporasi sebagai tersangka Karhutla.

"Total tersangka yang diamankan atau disidik oleh jajaran ada sebanyak 185 tersangka perorangan dan untuk korporasi ada empat sebagai tersangka," kata Dedi Prasetyo di Jakarta, Senin (16/9/2019).

Dedi mengatakan jumlah tersangka tersebut diusut di sejumlah polda se- Indonesia. Rinciannya, di 

"Polda Riau terdapat 47 tersangka perseorangan dan satu tersangka korporasi. Polda Sumatera Selatan ada 18 tersangka individu, Polda Jambi ada 14 tersangka individu, sementara korporasi nihil. Kemudian Polda Kalimantan Selatan ada dua tersangka individu," katanya.

"Kemudian di Polda Kalimantan Tengah terdapat 45 tersangka individu dan satu tersangka korporasi. Terakhir di Kalimantan Barat ada 59 tersangka individu dan dua tersangka korporasi, kata dia.

Lebih lanjut Dedi menjelaskan dari total tersangka tersebut, sebanyak 11 kasus perorangan masuk tahap penyelidikan serta 95 kasus perorangan dan empat kasus korporasi sudah masuk tahap penyidikan.

"Sebanyak 40 kasus perorangan tahap 1, dua kasus perorangan dalam tahap P19, dua kasus perorangan sudah lengkap berkasnya atau P21 serta 22 kasus perorangan tahap II," tutur Dedi. 

Reporter : Sesmawati
Editor : Widita Fembrian