• News

  • Hukum

Ungkap Mafia Beras, Polri Gerebek Gudang Bulog di Kelapa Gading

Lambang Polri (commons.wikipedia.org)
Lambang Polri (commons.wikipedia.org)

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Bareskrim Mabes Polri menggerebek Gudang Bulog Drive DKI di Kelapa Gading, Jakarta Utara dan gudang beras di Cipinang, Jakarta Timur.

Penggerebekan dilakukan setelah pihak kepolisian mendapatkan informasi adanya praktik mafia beras, yang melakukan distribusi beras subsidi ke Jawa Tengah.

Direktur Tindak Pidana Ekonomi Khusus (Dirtipideksus) Bareskrim Mabes Polri, Brigjen Pol Agung Setya mengatakan, praktik mafia beras dilakukan seseorang berinisial A. Pelaku A, mendapatkan beras subsidi dari pihak gudang beras, yang kemudian didistribusikan ke beberapa wilayah khususnya Jateng.

"A memperoleh beras subsidi dengan cara ilegal. Caranya melalui kerja sama dengan pihak gudang beras," kata Agung di Jakarta, Kamis (6/10/2016).

"Saat ini tim penyidik sedang memburu para pihak tersebut," lanjutnya.

Atas penggerebakan itu penyidik Bareskrim Mabes Polri berhasil menemukan 152 ton beras Bulog dan 10 ton beras curah merek Palm Mas dari Demak dan 10 ton beras sudah dioplos.

Atas perbuatannya, pelaku dikenakan pelanggaran Pasal 139 UU Pangan, Pasal 110 UU Perdagangan, Pasal 62 UU Perlindungan Konsumen dan Pasal 3,4 dan 5 UU Pencucian Uang.

Reporter : Wahyu Praditya Purnomo
Editor : Hila Japi