• News

  • Hukum

Malam Ini Polisi Bakal Tetapkan Status Hukum Pegawai Kemenhub


JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Tim gabungan dari Bareskrim Mabes Polri dan Polda Metro Jaya akan melakukan pemeriksaan terhadap enam pegawai Kementerian Perhubungan terkait kasus operasi tangkap tangan (OTT) dugaan kasus pungutan liar di Kemenhub.

"Ada enam orang yang diperiksa hari ini, 24 jam (penahanan)," kata Kapolri Jenderal Tito Karnavian di Rupatama Mabes Polri, Jakarta, Rabu (12/10/2016).

Diterangkan Tito, setelah diperiksa selama 24 jam, penyelidik polri akan menetapkan status tersangka kepada ke enam orang yang ditangkap tangan pada Selasa (11/10/2016) kemarin.

"Pukul 23.00 WIB ditetapkan tersangkanya siapa, berapa orang. Setelah itu penyidik akan membuat anatomi kasus dan pengembangan ke atas," ujarnya.

Sebelumnya, penangkapan dilakukan terhadap dua orang PNS staf golongan II Kemenhub, satu pegawai swasta, dan tiga pegawai honorer lepas di Kemenhub, di lantai 6 Kantor Kemenhub.

Dalam operasi tangkap tangan tersebut, polisi mengamankan barang bukti berupa uang tunai senilai Rp34 juta dari tangan petugas dan calo. Sementara di lantai 12, polisi juga menemukan sejumlah uang dengan nominal Rp61 juta, dan tabungan senilai Rp1 miliar.

Sejumlah barang bukti yang ditemukan itu diduga merupakan hasil suap dan pungutan liar.

Reporter : Wahyu Praditya Purnomo
Editor : Hila Japi