• News

  • Hukum

Penyidik Polda Metro Amankan CCTV Dalami Kasus Pungli di Kemenhub

Kompol Fadil Imran (bestofinsta.org)
Kompol Fadil Imran (bestofinsta.org)

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Untuk mendalami penyidikan kasus pungutan liar di Kementerian Perhubungan, penyidik Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya akan mengambil barang bukti berupa rekaman CCTV.

Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya Komisaris Polisi (Kompol) Fadil Imran mengatakan, rekaman CCTV nantinya dapat memperjelas runutan kasus. Alat bukti tersebut, akan dipadukan dengan keterangan para tersangka dan saksi.

"Penyidik kan masih terus melengkapi alat bukti, CCTV ini nantinya bisa jadi petunjuk untuk penyidik," kata Fadil di Polda Metro Jaya, Kamis (13/10/2016).

Saat ini, kata dia, tim penyidik tengah mengambil barang bukti berupa rekaman CCTV tersebut di Kantor Kemenhub. "Nanti anggota ke Kemenhub lagi untuk mengambil rekaman CCTV di lantai 6 dan lantai 12," ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, dalam OTT yang dilakukan petugas gabungan dari Mabes Polri dan Polda Metro pada awal pekan lalu, petugas menangkap enam orang terduga pungli.

Saat ditangkap, mereka tengah bertransaksi liar di kantor Kementerian Perhubungan (Kemenhub), terkait perizinan administrasi perkapalan dan dokumen pelaut.

Setelah diperiksa selama 1 x 24 jam, akhirnya penyelidik menetapkan tiga orang tersangka. Dalam OTT ini polisi mengamankan barang bukti uang yang didapatkan polisi lebih dari Rp1,2 miliar.

Reporter : Wahyu Praditya Purnomo
Editor : Hila Japi