• News

  • Hukum

Soal Kuda Sandalwood, KPK: Jokowi Tidak Enak Tolak Pemberian Warga Sumba

Kuda jenis Sandalwood asal Sumba Barat Daya, NTT.
Youtube
Kuda jenis Sandalwood asal Sumba Barat Daya, NTT.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melaporkan pemberian dua kuda berwarna cokelat kehitaman jenis Sandalwood ke Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK).

Direktur Gratifikasi KPK Giri Suprapdiono membenarkan pelaporan pemberian dua kuda Sandalwood oleh Presiden Jokowi ke KPK.

Menurutnya, kuda tersebut diantar ke Istana Bogor oleh Satpol PP Kabupaten Sumba Barat dan seorang dokter hewan. Ia mengatakan, pihak istana menerima kuda itu pada 25 Juli 2017.

"Dilaporkan ke KPK tanggal 22 agustus 2017," kata Giri, Kamis (31/8/2017).

Menurut Giri, sebenarnya saat itu Jokowi tidak enak untuk menolak maupun mengembalikan kepada warga Sumba.

Akhirnya Jokowi memutuskan untuk melaporkannya ke KPK. Saat ini, kuda tersebut masih berada di Istana Bogor.

Kuda jenis Sandalwood itu merupakan pemberian warga Kabupaten Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur (NTT), saat Jokowi menghadiri Festival Sandalwood, pertengahan Juli 2017.

Pada Juli 2017, Jokowi berasama ibu negara, Iriana, mengunjungi Sumba Barat Daya untuk menghadiri acara puncak Festival Sandalwood.

Pada acara itu, ada parade 1.001 ekor kuda Sandalwood yang dan festival tenun ikat khas Sumba yang diikuti oleh 2.017 penenun.

Warga dan pemerintah daerah setempat kemudian memberi hadiah kepada Jokowi berupa parang Sumba bergagang gading gajah, kain Sumba, dan seekor kuda Sandalwood yang merupakan kuda ras asli Pulau Sumba.

Reporter : Wahyu Praditya Purnomo
Editor : Nazaruli