• News

  • Internasional

Gereja Inggris Merayakan Ultah Ratu Elizabeth

Ratu Elizabeth (Antaranews)
Ratu Elizabeth (Antaranews)

Berita Terkait

LONDON, NETRALNEWS.COM - Inggris Raya memulai perayaan nasional untuk ulang tahun ke-90 Ratu Elizabeth II hari Jumat (10/6/2016) hari ini.

Kebaktian di Katedral St Paul London, dihadiri tamu kehormatan keluarga kerajaan dan Perdana Menteri Inggris David Cameron, akan menjadi perayaan ganda untuk ratu dan Pangeran Philip yang berusia 95.

"Kami terutama berterima kasih untuk umur panjang yang diberikan pada pemimpin kami yang baik Ratu Elizabeth, untuk pengabdian setia, komitmen berbakti, kepemimpinan penuh kasih, keteguhan nan lembut, martabat dan kemanusiaan," kata pelayan firman Gereja St Paul, David Ison, dikutip dari Reuters.

Ratu Elizabeth II yang telah memerintah selama 64 tahun, yang terlama selama sejarah Inggris, berulang tahun yang ke-90 pada April lalu. Tradisi di negara itu juga mengadakan perayaan pada musim panas sehingga umumnya ada pesta resmi pada bulan Juni.

Untuk merayakan hari tersebut enam foto dari serial ulang tahun sang ratu akan diluncurkan, termasuk foto terbaru Ratu Elizabeth II dan Pangeran Philip di Kastil Windsor yang diambil fotografer asal Amerika Serikat, Annie Leibovitz.

Ratu akan menghadiri parade tradisional Trooping the Colour, parade tentara memakai seragam di pusat London, dengan menumpang pesawat Angkatan Udara Kerajaan Inggris, di atas Istana Buckingham.

Penutupan ulang tahun akan ditandai dengan The Patrons Lunch, perayaan di jalan terbesar, untuk 10.000 tamu di Mall, jalan raya terbesar menuju Istana Buckingham. Perayaan tersebut diselenggarakan cucu sang ratu, Peter Phillips.

Jutaan warga Inggris diperkirakan akan datang ke pesta jalanan setempat yang digelar di seluruh Britania Raya

Editor : Hila Japi
Sumber : Antaranews