• News

  • Internasional

Dalam Satu Tahun Ini 128 Pemburu Gelap Ditangkap di Tanzania

Ilustrasi Pemburu
Serumpi
Ilustrasi Pemburu

Berita Terkait

TANZANIA, NETRALNEWS.COM - Kepala Unit Anti- Perburuan Gelap Tanzania Tengah, Keneth Sanga Sabtu (14/10/2017) mengatakan unit anti-perburuan gelap Tanzia telah menangkap 128 tersangka pemburu gelap di beberapa bagian tengah Tanzania selama satu tahun belakangan ini.

"Pemburu gelap itu ditangkap di beberapa bagian tengah negara Afrika Timur itu Singida dan Dodoma antara 2016 dan tahun ini," katanya.

Keneth Sanga mengungkapkan sebagian besar tersangka didapati memiliki senjata, trofi pemerintah. Sebagian tersangka pemburu gelap ditemukan di suaka alam Rungwa-Kizigo dan Muhesi.

"Tapi, kami optimistis bahwa selama masa itu, peristiwa perburuan gelap telah turun dibandingkan dengan tiga tahun belakangan," ujarnya.

Ia menambahkan operasi anti-perburuan gelap telah membuahkan hasil karena makin banyak tersangka pemburu gelap ditangkap dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya.

Lebih lanjut Sanga mengatakan sebagian tersangka pemburu gelap yang ditangkap itu memiliki gading gajah, daging hewan liar dan yang lain memiliki kayu. Sebagian pemburu gelap sekarang menjalani hukuman di berbagai penjara, sementara yang lain menunggu kasus mereka dibawa ke pengadilan di seluruh Tanzania Tengah.

Sanga mengatakan Pemerintah Tanzania telah menyita semua alat pengangkut seperti kendaraan dan sepeda motor yang digunakan oleh tersangka dalam melaksanakan misi perburuan gelap mereka.

Namun, ia juga mengungkapkan bahwa antara 2016 dan 2017, enam orang telah tewas oleh gajah di dua wilayah di Singida dan Dodoma.

"Semua orang itu tewas karena tak memiliki pengetahuan mengenai cara menghadapi gajah dalam hal sifat hewan tersebut," kata Sanga.

"Kami sekarang mendidik warga terutama mereka yang tinggal di dekat suaka alam mengenai cara berhadapan dengan hewan liar jika hewan itu menyerbu permukiman mereka," kata Sanga.

Editor : Sesmawati
Sumber : Antara/Reuters