• News

  • Internasional

Trump Sampaikan Dukacita dan Doa atas Tsunami Selat Sunda

Presiden AS Donald Trump
BBC
Presiden AS Donald Trump

JAKARTA, NNC - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menyampaikan dukacita dan doa atas musibah tsunami Selat Sunda yang menerjang Banten dan Lampung, Sabtu (22/12/2018).

Dia mengatakan, atas ratusan korban tewas dan ribuan orang yang mengalami luka-luka, masyarakat Amerika berdoa untuk pemulihan dan penyembuhan atas bencana itu.  "Amerika bersama kalian," katanya.

Ucapan simpati itu disampaikan Trump melalui akun resmi twitternya, @realDonaldTrump, Minggu (23/12) waktu setempat.

Kehancuran yang tak terbayangkan dari bencana tsunami di Indonesia. Lebih dari dua ratus orang meninggal dunia dan hampir seribu orang terluka atau tidak terhitung jumlahnya. Kami berdoa untuk perbaikan dan penyembuhan. Amerika bersama kalian!" cuit Trump di akun Twitter-nya @realDonaldTrump,seperti dipantau NNC, Senin (24/12/2018).

Seperti diketahui, data sementara yang berhasil dihimpun Posko Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), hingga Senin (24/12/2018) pukul 07.00 WIB, tercatat 281 orang meninggal dunia, 1.016 orang luka-luka, 57 orang hilang dan 11.687 orang mengungsi. Kerusakan fisik meliputi 611 unit rumah rusak, 69 unit hotel-vila rusak, 60 warung-toko rusak, dan 420 perahu-kapal rusak.

Jumlah ini diperkirakan masih akan terus bertambah karena belum semua korban berhasil dievakuasi, belum semua Puskesmas melaporkan korban, dan belum semua lokasi dapat didata keseluruhan. Kondisi ini menyebabkan data akan berubah.

Korban dan kerusakan ini terdapat di 5 kabupaten terdampak yaitu Pandeglang, Serang, Lampung Selatan, Tanggamus dan Pesawaran. Jadi wilayah di Provinsi Banten dan Lampung yang berada di Selat Sunda. Daerah pesisir di Kabupaten Pandeglang adalah daerah yang paling banyak jumlah korban dan kerusakannya dibandingkan daerah lain.

Editor : Wulandari Saptono