• News

  • Internasional

Xi Jinping Sampaikan Duka Cita Korban Tsunami Selat Sunda

Presiden Tiongkok Xi Jinping
Catholic News
Presiden Tiongkok Xi Jinping

BEIJING, NNC - Presiden Tiongkok Xi Jinping sampaikan pernyataan duka cita kepada para korban bencana tsunami di sekitar Selat Sunda.

Pernyataan ini disampaikan secara tertulis kepada Presiden Joko Widodo, Senin (24/12/2018).

Dalam pesannya tersebut, Presiden Xi mengaku terkejut atas berita bencana tsunami di Selat Sunda yang menyebabkan jatuhnya korban jiwa dan kerusakan rumah warga serta fasilitas umum lainnya.

Atas nama pemerintah dan rakyat Tiongkok serta atas nama pribadi, Xi menyampaikan pesan duka cita kepada Presiden Jokowi dan anggota keluarga korban, baik meninggal maupun luka-luka, termasuk warga masyarakat yang terdampak bencana tersebut.

Indonesia merupakan negara tetangga yang baik sehingga menurut Xi, rakyat Tiongkok sangat merasakan penderitaan rakyat Indonesia yang tertimpa bencana.

Presiden Xi sangat percaya bahwa pemerintahan Indonesia di bawah kepemimpinan Presiden Jokowi dan seluruh rakyat Indonesia mampu mengatasi dampak bencana tersebut.

Bencana tsunami yang diawali dari letusan Gunung Anak Krakatau di Selat Sunda pada Sabtu (22/12) telah menyebabkan 281 orang tewas dan 1.016 lainnya luka-luka, menurut data Badan Nasional Penanggulangan Bencana.

Beberapa hari sebelumnya, salah satu perusahaan China telah menandatangani kontrak pembiayaan proyek pembangunan sarana pariwisata di Tanjung Lesung, Banten, senilai 1 miliar dolar AS, yang juga terkena bencana itu.

Sebelumnya, Presiden Xi juga menyampaikan pesan duka cita atas jatuhnya pesawat Lion Air nomor penerbangan JT610 di dekat pantai di Kabupaten Karawang, Jawa Barat, pada 29 Oktober 2018.

Xi juga menyampaikan pesan duka cita kepada korban bencana tsunami di Sulawesi Tengah pada 28 September 2018. 

 

Editor : Firman Qusnulyakin