• News

  • Internasional

Ini Harapan Paus Fransiskus pada Katedral Notre-Dame yang Terbakar

Pemimpin tertinggi umat Katolik Paus Fransiskus .
Katolisitas
Pemimpin tertinggi umat Katolik Paus Fransiskus .

VATIKAN, NETRALNEWS.COM - Paus Fransiskus menyatakan persatuannya dengan orang-orang Perancis setelah kebakaran besar di Katedral Notre-Dame di Paris. Pemimpin tertinggi umat Katolik itu juga mendorong pembangunan kembali "permata arsitektur" dan "saksi iman" tersebut.

Dalam sebuah pesan kepada Uskup Agung Michel Aupetit dari Paris, Paus Fransiskus menulis: Notre-Dame adalah permata arsitektur dari memori kolektif, tempat berkumpulnya banyak acara besar, saksi iman dan doa umat Katolik, seperti dilansir dari laman Catholic News Agency, Rabu (17/4/2019).

Paus Fransiskus menyampaikan belasungkawa setelah kebakaran besar di Katedral Notre-Dame, pada 15 April. Api berhasil dikendalikan tak lama setelah tengah malam dan benar-benar padam beberapa jam kemudian. 

Atap Katedral Prancis runtuh bersama dengan puncaknya, tetapi menara lonceng utama dan bangunan bersejarah bangunan diselamatkan. Laporan juga menunjukkan bahwa harta religius dan artistik utama katedral telah diamankan. 

Paus berharap Katedral Paris akan direkonstruksi. “Tempat indah di jantung kota ini, sebuah tanda dari iman mereka yang membangunnya, gereja induk dari keuskupan Anda, warisan arsitektur dan spiritual Paris, Prancis, dan kemanusiaan," kata Paus.

Paus Fransiskus juga memuji petugas pemadam kebakaran atas pekerjaan dan keberanian mereka. 

Juru bicara kepausan, Alessandro Gisotti menulis di Twitter bahwa pada awal 16 April, Paus berdoa untuk umat Katolik Prancis dan untuk orang-orang di Paris. "Dia (Paus) memastikan doanya bagi semua orang yang berusaha untuk mengatasi situasi tragis ini," sambungnya.

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Nazaruli