• News

  • Internasional

Kapal Perang AS dan Rusia Nyaris Bertabrakan, Keduanya Saling Tuding

Insiden kapal perang AS dan Rusia
dok.Twitter/@barbarastarrcnn
Insiden kapal perang AS dan Rusia

JAKARTA, NETRALNEWS.COM -- Armada Pasifik Rusia sebelumnya menuduh kapal penjelajah Angkatan Laut AS melakukan manuver berbahaya di dekat kapal Perusak Rusia di Pasifik.

Angkatan Laut AS telah merilis sebuah video tentang peristiwa tabrakan yang hampir terjadi antara kapal perusak Rusia Admiral Vinogradov dan USS Chancellorsville di Laut China Timur dalam sebuah insiden yang terjadi pada hari sebelumnya.

Sementara itu, koresponden CNN Pentagon Barbara Starr juga memposting foto dari pertemuan kapal perang, dengan kapal perusak Rusia digambarkan di sebelah kiri, dan kapal penjelajah AS di sebelah kanan.

Armada Pasifik Rusia mengeluarkan pernyataan pada hari Jumat (7/6/2019), mengatakan bahwa kapal penjelajah AS tiba-tiba mengubah arahnya dan melintasi jalur kapal perusak Rusia "hanya 50 meter dari kapal".

Menurut pernyataan itu, Laksamana Vinogradov terpaksa melakukan manuver darurat untuk menghindari kemungkinan tabrakan.

Sebagai tanggapan, Armada Ketujuh AS menepis tuduhan Rusia tersebut, dengan mengatakan bahwa justru kapal Rusia yang hampir menyebabkan tabrakan.

"Sementara USS Chancellorsville memulihkan helikopternya di jalur yang stabil dan kecepatan ketika kapal Rusia DD572 bermanuver dari belakang dan ke kanan Chancellorsville melaju dan ditutup pada jarak yang tidak aman sekitar 50-100 kaki. Tindakan tidak aman ini memaksa USS Chancellorsville untuk mengeksekusi semua mesin kembali penuh dan bermanuver untuk menghindari tabrakan," demikian pernyataan Armada Ketujuh AS.

Angkatan Laut AS juga mengatakan bahwa insiden itu terjadi di Laut Filipina, bukan di Laut China Timur, demikian seperti diberitakan Sputnik.

Editor : Tommy Satria Ismaya Cahya

Apa Reaksi Anda?