• News

  • Internasional

Hujan Lebat Guyur Tiongkok Selatan, Ribuan Orang Terjebak Banjir

Ilustrasi hujan lebat di Tiongkok Selatan.
Istimewa
Ilustrasi hujan lebat di Tiongkok Selatan.

SHANGHAI, NETRALNEWS.COM - Ribuan orang terjebak banjir dan lima orang tewas di tengah hujan lebat di seluruh Tiongkok Selatan dan Tengah. Saat ini pemerintah mempersiapkan diri untuk menghadapi setidaknya empat hari lagi hujan lebat.

Surat kabar resmi China Daily pada Selasa (11/6/2019) melaporkan bahwa banjir hingga Senin (10/6) telah merendam 10.800 hektar tanaman dan menghancurkan ratusan rumah di Provinsi Jiangxi. Sebanyak 1,4 juta orang terkena dampak sementara kerugian ekonomi langsung mencapai 2,65 miliar yuan (sekitar Rp5,4 triliun). 

Di wilayah Guangxi di bagian barat daya Tiongkok, 20.000 rumah tangga tidak memperoleh pasokan listrik. Jalan, jembatan serta prasarana lain rusak parah.

Hujan lebat di Jiangxi mencapai setinggi 688 milimeter (27 inci), demikian pemberitahuan yang dikeluarkan oleh Badan Meteorologi Tiongkok. Hujan di beberapa bagian Jiangxi dan Hunan, kata badan tersebut, telah mencapai rekor tinggi pada Juni.

Badan Meteorologi mengatakan hujan badai diperkirakan meluas ke Guangdong, Fujian, Jiangxi, Yunnan, Sichuan dan Taiwan sampai Kamis. Badan itu juga memperingatkan pemerintah agar berhati-hati terhadap hujan badai ekstrem dan kemungkinan air sungai kecil meluap dan melewati tanggul dalam beberapa hari ke depan.  Demikian dilansir dari Antara.

Editor : Widita Fembrian