• News

  • Internasional

Huawei Diblokir, Dubes Tiongkok Merespon Keras Pemerintah Inggris

Ilustrasi Huawei
dok.Istimewa
Ilustrasi Huawei

LONDON, NETRALNEWS.COM -- Duta besar Tiongkok di London memperingatkan pemerintah Inggris bahwa pemblokiran Huawei  dari pengembangan jaringan 5G akan merusak kemitraan investasi dan perdagangan Tiongkok dengan Inggris.

"Itu akan memberikan pesan sangat buruk, tidak hanya bagi Huawei namun juga bisnis Tiongkok," kata Duta Besar Liu Xiaoming kepada BBC, yang dikutip Antara.

Ia juga menganggap pemblokiran Huawei akan menimbulkan "dampak buruk, tidak hanya pada perdagangan tetapi juga investasi."

Dewan Keamanan Nasional Inggris, yang dipimpin Perdana Menteri Theresa May, pada April menggelar pertemuan untuk membahas Huawei. Mereka memutuskan untuk memblokir Huawei dari seluruh bagian inti jaringan 5G tetapi memberikannya akses terbatas ke bagian noninti.

Keputusan akhir oleh para menteri senior kabinet Inggris dijadwalkan berlangsung dalam beberapa pekan terakhir namun janji May untuk mundur sebagai perdana menteri menghentikan proses tersebut, kata beberapa sumber, demikian seperti diberitakan oleh Antara.

Editor : Tommy Satria Ismaya Cahya

Apa Reaksi Anda?