• News

  • Internasional

Xi Jin Ping: Hong Kong, Taiwan dan Macau Tantangan yang Harus Ditempuh

Situasi di Hong Kong akhir-akhir ini memanas.
XPHere
Situasi di Hong Kong akhir-akhir ini memanas.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Tiongkok akhir akhir ini mengalami konflik yang cukup memanass dan meresahkan, antara lain : Pertumbuhan Ekonomi yang melambat, banyak binatang ternak yang mati, unjuk rasa yang makin menggila di hongkong, dan konflik intern dalam partai komunis sendiri. Lalu bagaimana cara Presiden Xi Jin Ping memperkuat pertahanan politiknya Disaat Konflik kian Memanas?

Bagi Presiden Tiongkok ini segala konflik tersebut pasti ada jalan keluarnya, pasti ada titik temu yang bisa diambil, oleh sebab itu Xi Jin Ping  segera melakukan pertemuan elit Partai Komunis minggu ini yang mungkin akan beresiko pada: disfungsi, perpecahan dan ketidaksetiaan dalam partai.

Mengapa resiko itu bisa terjadi? Pada dasarnya, Aturan Partai Komunis pada akhirnya bisa hancur jika partai gagal untuk terus-menerus memperkuat cengkeramannya pada Tiongkok, kata Xi dalam pidato yang baru-baru ini diterbitkan. Dikutip dari Baidu News, Xi dalam pidatonya mengatakan "Sebuah

Partai bisa membusuk dari korupsi, kurangnya disiplin dan pertikaian internal". "Oleh karena itu, Komite Sentral yang terdiri dari sekitar 370 pejabat senior, mulai mengadakan pertemuan di Beijing selama beberapa hari kedepan untuk menyetujui kebijakan yang dimaksudkan untuk menangkal bahaya semacam itu," ungkapnya.

Presiden Xi Jin Ping mengatakan Hong Kong, Macau, dan Taiwan sebagai resiko dan tantangan besar yang harus diperjuangkan oleh anggota Partai Komunis tiongkok.

Dia berbicara di hadapan para pejabat dan pejabat muda saat membuka program pelatihan untuk pejabat muda usia di Sekolah Partai Komunis Tiongkok(28/10/2019), menyebut sejumlah tantangan yang dihadapi Tiongkok terkait dengan ekonomi global dan tantangan strategis termasuk perang dagang dengan Amerika Serikat, menurut laman Baidu

"Kader harus waspada terhadap angin perubahan. Mereka pasti tahu seekor rusa yang melewati rerumputan dan dedaunan, mereka harus tahu harimau datang dengan merasakan angin, mereka harus tahu musim gugur tiba dengan warna daun," kata Xi.

Dia mendesak para pejabat untuk mempersiapkan diri mereka sehingga mereka dapat memenangkan pertarungan dan menghadapi tantangan terhadap Partai Komunis yang berkuasa, kedaulatan nasional dan tujuan peremajaan nasional tiongkok.

Begitupun, Xi juga menekankan agar kader-kader partai harus menjadi master dalam seni bertarung dan belajar untuk fleksibel.

Reporter : Albert Adji
Editor : Sulha Handayani