• News

  • Internasional

Tiongkok Hapus Postingan Media Sosial

Ibu Kota Tiongkok, Beijing yang benar-benar berhutan beton..
satuharapan
Ibu Kota Tiongkok, Beijing yang benar-benar berhutan beton..

JAKARTA, NETRALNEWS.COMTiongkok tampaknya menyensor posting media sosial terkait dokumen Panama Papers yang bocor. Dalam dokumen itu disebutkan beberapa anggota elit Tiongkok termasuk ipar Presiden Xi Jinping.

Sejak Senin (4/4/2016) pagi ratusan posting pada jaringan seperti Sina Weibo dan WeChat mendiskusikan tentang topik Panama Papers yang bocor itu. Diperkirakan sampai dengan sore tadi jumlah postingan lebih dari 480 namun terhapus dari laman medsos.

Makalah yang bocor itu berasal dari sebuah firma hukum Panama bernama Mossack Fonseca. Makalah itu mengungkapkan bagaimana orang kaya ( Tiongkok) bebas bayar pajak.

Pada makalah bocor itu disebut pula nama Deng Jiagui, yang menikah dengan saudari tertua dari Xi Jinping, Presiden Tiongkok.

Sebuah laporan investigatif oleh Bloomberg pada 2012 menunjukkan Deng dan istrinya memiliki ratusan juta dolar dalam real estate, kepemilikan saham dan aset lainnya.

Menurut International Consortium of Investigative Journalists (ICIJ), bocoran Panama Papers itu menunjukkan Mr Deng mengakuisisi dua perusahaan lepas pantai pada tahun 2009, pada saat Mr Xi, iparnya yang kemudian menjadi presiden, baru muncul dalam orbit politik Tiongkok.

Kedua perusahaan aktif pada tahun 2012, ketika Mr Xi menduduki kursi Sekretaris Jenderal Partai Komunis Tiongkok. Sayangnya Mr Deng tidak menanggapi permintaan untuk memberikan jawaban ataupun komentar kepada ICIJ tersebut.

Media pemerintah tampaknya mem-black out postingan ini. Tapi di jaringan microblogging Sina Weibo dan chatting jaringan seluler WeChat sedang ramai mendiskusikan topik sejak Senin pagi, berbagi terjemahan Cina rincian cerita, termasuk informasi tentang Mr Deng--meski dihapus.

Editor : Hila Japi
Sumber : bbc news