• News

  • Internasional

Pertempuran di Mosul Selatan Tewaskan 24 Anggota ISIS

Pasukan militer Irak. (aljazeera)
Pasukan militer Irak. (aljazeera)

TIKRIT, NETRALNEWS.COM - Pasukan militer Irak berhasil memukul mundur sebuah serangan yang dilancarkan pada Sabtu (10/6/2017) oleh kelompok militan ISIS di kota Shirqat, Mosul Selatan, dalam peristiwa itu 38 tentara dan warga sipil tewas dan sekitar 40 lainnya terluka.

Menurut sumber dari pihak keamanan, kelompok ISIS kehilangan 24 petempur mereka dalam serangan tersebut, yang berakhir sekitar tengah hari.

"Sekitar setengah dari jumlah yang tewas keseluruhan di kota itu dan sekitarnya, adalah warga sipil dan anggota angkatan bersenjata Irak serta petempur suku Sunni," kata sumber tersebut

Pihak berwenang mengumumkan jam malam di wilayah antara Mosul dan ibukota Baghdad.

Kelompok ISIS kehilangan wilayah Shirqat karena berhasil direbut pasukan pemerintah Irak dukungan AS dan petempur suku pada tahun lalu. Kejatuhannya membuka jalan bagi serangan terhadap Mosul, ibukota de facto kelompok tersebut di Irak.

Memasuki delapan bulan serangan yang dukungan AS untuk merebut kembali Mosul, seluruh bagian kota telah direbut kembali oleh pasukan pemerintah Irak kecuali sebuah daerah kantong di tepi barat sungai Tigris.

Para petempur kelompok ISIS terus mengendalikan kantung bagian selatan dan barat Mosul, serta petak wilayah dekat perbatasan dengan Suriah.

 

Editor : Nazaruli
Sumber : Antara/Reuters