• News

  • Internasional

Pertempuran Tentara Somalia dengan Al Shabaab Tewaskan 24 Orang

Pasukan militer Somalia.
garoweonline
Pasukan militer Somalia.

MOGADISHU, NETRALNEWS.COM - Seorang pejabat regional mengatakan pertempuran antara pejuang al-Shabaab dan pasukan pemerintah Somalia dan pasukan penjaga perdamaian Uni Afrika menewaskan 24 orang, Minggu (30/7/2017), dengan militan Islam berada pada jumlah korban tewas yang lebih tinggi.

Kolonel Hassan Mohamed mengatakan kepada Reuters, Al Shabaab menyerang sebuah konvoi yang membawa pasukan dari Misi Uni Afrika di Somalia (AMISOM), Minggu (30/7/2017) pagi, di distrik Bulamareer di wilayah Lower Shabelle, sekitar 140 km barat daya Mogadishu.

Ali Nur, wakil gubernur wilayah Lower Shabelle mengatakan, "Kami telah membawa 23 tentara AMISOM yang tewas dan seorang tentara Somalia yang tewas dari tempat di mana al Shabaab menyerang AMISOM hari ini."

Abdiasis Abu Musab, jurubicara operasi militer al Shabaab  mengatakan, "Kami mendapatkan 39 mayat tentara AU termasuk komandan mereka."

Korban tidak bisa diverifikasi secara independen. Jumlah yang diberikan al Shabaab dan pejabat biasanya berbeda.

Kementerian pertahanan Uganda mengatakan bahwa tentaranya adalah bagian dari konvoi AMISOM dan sejumlah tentara yang tidak ditentukan telah terbunuh.

Al Shabaab ingin memaksa pasukan penjaga perdamaian, menggulingkan pemerintah yang didukung Barat dan memaksakan interpretasi Islam yang ketat di Somalia.

Reporter : Hermina W
Editor : Nazaruli
Sumber : Middleeast Monitor