• News

  • Kesehatan

Hati-hati Kesemutan Bisa Jadi Tanda Tumor Otak

Kesemutan dapat menjadi tanda tumor otak.
Diseases Pictures
Kesemutan dapat menjadi tanda tumor otak.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Apa Anda kerap merasa kesemutan dan dirasa tak wajar? Jika ya, Anda patut waspada. Pasalnya, kesemutan bisa menjadi salah satu tanda Anda alami tumor otak.

Demikian dikatakan, Spesialis saraf dr Johan Akbari Sp S SH MARS dalam acara Support Group Komunitas Cancer Information and Support Center (CISC) di Jakarta, Sabtu (9/9/2017).

Dokter yang melakukan praktik di Klinik Syaraf Galaxi Bekasi menjelaskan, tumor otak memiliki dua sifat yakni jinak dan ganas (kanker). Kata dr Johan, tumor otak timbul di dalam tengkorak, yang pada dasarnya sempit dan dilapisi selaput otak tipis

"Otak itu seperti isi tahu, kenyal. Terletak di ruangan tertutup dengan tengkorak dan tidak dapat bertumbuh volumenya," tukas dr Johan.

Dr Johan menerangkan, otak terdiri dari beberapa bagian otak, misalnya saja otak frontal atau yang terletak di bagian depan merupakan otak yang digunakan untuk berpikir, otak belakang untuk penglihatan, otak temporal untuk gerak, otak kecil untuk keseimbangan dan batang otak untuk kesadaran.

"Jadi kalau terjadi kesemutan, baal atau kebas, itu bisa jadi tumor otak yang terjadi pada otak temporal," tukas dr Johan.

Ada pula gejala tumor otak lain, seperti jalan miring, vertigo, keleyengan, pusing dan hilang keseimbangan, seperti mau jatuh. Berarti kata dr Johan, kemungkinan ada tumor otak yang terjadi pada otak kecil.

Berbeda lagi dengan gejala pada tumor otak jika terletak di batang syaraf. Gejala yang bisa terjadi, kata dr Johan adalah gangguan beberapa diantaranya pada penglihatan dan pendengaran.

"Jadi gangguan terlihat dari keadaan pupil mata, penglihatan mata ke kanan dan ke kiri, penglihatan ke bawah. Bisa juga keadaan pernapasan, kalau tersedak itu malah tidak apa-apa berarti organ tubuh masih merespon, tapi kalau tersedak berkali-kali bahaya juga," kata dr Johan.

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Lince Eppang