• News

  • Kesehatan

Virus Herpes Bisa Tingkatkan Risiko Tumor Otak

Virus Herpes ternyata bisa meningkatkan risiko tumor otak.
Live Science
Virus Herpes ternyata bisa meningkatkan risiko tumor otak.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Jangan pernah remehkan virus herpes, pasalnya virus ini ternyata bisa meningkatkan risiko tumor otak.

Demikian dikatakan, Spesialis saraf dr Johan Akbari Sp S SH MARS dalam acara Support Group Komunitas Cancer Information and Support Center (CISC) di Jakarta, Sabtu (9/9/2017).

Kata dr Johan, herpes merupakan salah satu virus selain human papilloma yang mampu menjadi salah satu penyebab tumor otak. Ada pula penyebab lain seperti keturunan atau genetik dan radiasi dari proses penyembuhan kanker.

"Penyebab lainnya adalah substansi-substansi karsinogenik. Misalnya saja konsumsi makanan kaleng, makanan yang diasapkan dan konsumsi makanan pengawet lainnya," kata dr Johan.

Lebih lanjut, dr Johan mengatakan bahwa jenis tumor otak yang paling sering terjadi adalah Meningioma, yakni sebanyak 39,26 persen kasus. Tumor ini biasanya terjadi pada selaput pelindung otak, yang jika dibiarkan bisa mengamcam nyawa dan berujung kematian.

"Orang yang menderita Meningioma biasanya jadi mudah emosi, marah. Karena ada tekanan pada selaput otak dan mengakibatkan bengkak," tukas dr yang melakukan praktik di Klinik Syaraf Galaxi Bekasi ini.

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Lince Eppang