• News

  • Kesehatan

Usia Saat Menstruasi Pertama Ternyata Tunjukkan Keadaan Kesehatan Wanita

Usia pada menstruasi pertama dapat mencerminkan kesehatan wanita
Alodokter
Usia pada menstruasi pertama dapat mencerminkan kesehatan wanita

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Seorang wanita selalu mengingat periode menstruasi pertama selama sisa hidupnya. Tahukah Anda bahwa perjalanan periode menstruasi wanita bisa sangat berguna jika diamati dengan seksama?

Ada begitu banyak hal yang dapat diketahui tentang seorang wanita dengan mengetahui waktu periode menstruasi pertamanya. Ini sebenarnya bisa berpengaruh pada kesehatan secara keseluruhan, seperti yang dilansir dari laman Blodsky, Jumat (6/10/2017).

Periode Menstruasi Sangat Awal Atau Sangat Lama

Bila periode menstruasi pertama Anda terjadi di luar rentang usia normal atau terjadi sangat lama, Anda perlu waspada. Pasalnya, hal itu berkaitan dengan risiko penyakit jantung yang lebih tinggi, dibanding mereka yang mengalami menstruasi di usia normal, sekitar 12 tahun.

Mendapatkan Periode Menstruasi Sebelum Usia 12 Tahun

Mengalami periode pertama menstruasi sebelum usia 12 tahun ternyata berhubungan dengan Kanker Payudara. Jika periode menstruasi pertama terjadi sebelum usia 12 tahun, maka penting bagi Anda untuk sering melakukan tes kanker payudara.

Menstruasi Setelah Usia 12 Tahun

Seorang wanita yang telah mendapatkan periode menstruasi pertamanya setelah usia 12 tahun ada kemungkinan akan hidup lebih lama dari pada mereka yang megalami menstruasi sebelum usia 12 tahun atau setelah 12 tahun.

Periode Menstruasi Juga Bisa Menentukan Usia Menopause

Haid sebelum usia 12 tahun menandakan bahwa menopause akan dialami antara usia 40 dan 44 tahun.

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Lince Eppang