• News

  • Kesehatan

Awas, Herpes Bisa Ditularkan Lewat Penggunaan Lipstik Bersamaan

Saling bertukar lipstik ternyata dapat meningkatkan risiko terkena penyakit herpes.
The Malaysian Times
Saling bertukar lipstik ternyata dapat meningkatkan risiko terkena penyakit herpes.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Herpes oral adalah infeksi yang biasanya disebabkan oleh virus herpes simpleks 1, atau HSV-1. Ini menghasilkan lecet yang menyakitkan di sekitar mulut.

Ada pula Herpes simplex virus 2 (HSV-2), juga dapat menyebabkan genital herpes, penyakit menular seksual yang ditandai dengan lesi serupa pada atau di sekitar alat kelamin.

Herpes menyebar melalui kontak dengan seseorang yang memiliki infeksi, bahkan jika orang tersebut tidak memiliki luka dingin atau lesi genital yang terlihat. Kebanyakan orang memperoleh herpes dari orang-orang yang tidak memiliki pengetahuan bahwa mereka memiliki infeksi,” kata Pritish K Tosh MD, seorang dokter dan peneliti penyakit menular Mayo Clinic, seperti dilansir dari laman Health, Rabu (1/11/2017).

Tapi bagaimana dengan kontrak herpes oral dari benda? Berbagi lipstik atau produk lainnya yang menyentuh bibir, gusi, dan mulut, seperti peralatan atau botol air juga dapat menyebarkan infeksi. Bahkan jika seseorang tidak memiliki gejala herpes, masih mungkin untuk menyebarkan sejumlah kecil virus ke objek bersama kata Pritish.

Itu berarti Anda harus waspada pada penggunaan produk sampel kosmetik, kata Pritish. Pernyataan ini disampaikan, pasalnya kaum hawa kerap mencoba berbagai produk kosmetik yang ditawarkan di toko, terutama produk lipstik.

Sebaiknya cobalah sampling lipstik pada tissue atau kapas dan bukan pada kulit Anda. Dan jangan menguji produk di punggung tangan Anda juga. Jika partikel virus herpes ada pada produk kosmetik, Anda bisa mengirimkannya ke tangan Anda, lalu secara tidak sengaja menyentuh mulut Anda dan menjadi terinfeksi.

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Lince Eppang